Home Ekbis TPKS Catat Kinerja Memuaskan Awal Tahun

TPKS Catat Kinerja Memuaskan Awal Tahun

TPKS

Semarang, 12/2 (BeritaJateng.net) – Terminal Peti Kemas Semarang mencatat kinerja memuaskan pada awal 2015 seiring dengan peningkatan volume bongkar muat sebesar 15,51 persen jika dibandingkan pada periode yang sama 2014.

“Jika pada Januari 2014 volume bongkar muat mencapai 45.284 teus maka pada bulan yang sama tahun ini volume bongkar muat mencapai 52.308 teus,” kata General Manager TPKS Iwan Sabatini di Semarang, Kamis.

Menurutnya, kenaikan volume di awal tahun ini memberikan rasa optimisme bahwa kinerja akan terus positif hingga akhir 2015. Untuk target awal volume bongkar muat pada tahun ini mencapai 660 ribu teus.

“Kami optimis target ini kan tercapai mengingat semakin banyak pengusaha yang melakukan pengiriman barang melalui Pelabuhan Tanjung Emas,” katanya.

Menurutnya, peningkatan volume bongkar muat tersebut merupakan dampak dari adanya peningkatan ekspor dan impor. Kenaikan volume produk impor tersebut tidak lepas karena sektor industri di Indonesia salah satunya Jateng masih yang tergantung oleh ketersediaan bahan baku dari luar negeri.

Sementara itu, pihaknya mengatakan Jateng sendiri saat ini sangat diminati oleh pengusaha termasuk di dalamnya shipping line atau perusahaan yang bergerak di jasa pengangkutan laut.

“Bahkan shipping line ini memiliki keinginan untuk bisa mendatangkan kapal yang lebih besar dan mampu membawa muatan lebih dari 2.000 boks peti kemas dengan ukuran GrosTonage di atas 30.000 ton,” katanya.

Padahal, TPKS baru bisa menampung kapal sandar dengan ukuran di bawah 30.000 GT. Oleh karena itu, menyikapi kondisi tersebut dibutuhkan upaya pendalaman alur dan kolam sekitar -12 meter Low Water Spring (LWS).

“Untuk merealisasikan ini perlu dukungan dari Pemerintah. Kalau pendalaman alur bisa dilaksanakan maka angkutan logisitik di pelabuhan Tanjung Emas Semarang lebih meningkat dan efisien,” katanya.

Mengenai pengembangan pelabuhan, saat ini TPKS sedang melakukan perluasan lapangan penumpukan peti kemas seluas 5,3 hektar dan perpanjangan dermaga 105 meter sehingga nantinya total panjang dermaga mencapai 600 meter.

“Dengan panjang tersebut maka TPKS bisa menampung sandarnya tiga kapal ukuran besar. Upaya ini kami lakukan untuk antisipasi pertumbuhan peti kemas hingga 1 juta teus di tahun 2015 sekaligus untuk mendorong kemajuan ekonomi Jawa Tengah,” katanya.

Meski demikian, pihaknya juga berharap agar kelancaran akses jalan menuju ke sentra industri atau kawasan dalam pelabuhan Tanjung Emas semakin ditingkatkan. (ant/BJ)

Advertisements