Home Ekbis TPKS Ajak Pengusaha Manfaatkan Pelayanan Pelabuhan

TPKS Ajak Pengusaha Manfaatkan Pelayanan Pelabuhan

image

Semarang, 25/11 (Beritajateng.net) – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) mengajak pengusaha memanfaatkan pelayanan di Pelabuhan Semarang yaitu Tanjung Emas dalam mengirimkan produk mereka ke daerah tujuan.

“TPKS ingin mengajak para pelaku usaha untuk dapat bersinergi terutama yang berada di Yogyakarta agar lebih banyak mengirimkan produk melalui Pelabuhan Tanjung Emas,” ujar General Manajer TPKS Iwan Sabatini pada acara sarasehan dengan pelaku usaha di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Selasa.

Iwan mengakui, masih ada sejumlah pelaku usaha baik di Jateng maupun DIY yang melakukan pengiriman di luar Pelabuhan Tanjung Emas. Oleh karena itu, dengan dilakukannya sarasehan tersebut pihaknya ingin mengetahui kendala apa yang menyebabkan pelaku usaha enggan mengirimkan barang melalui Pelabuhan Tanjung Emas.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga mempertemukan para pelaku usaha dengan sejumlah asosiasi di antaranya pemilik kapal dan asosiasi logistik dan forwarder Jateng.

“Dalam hal ini TPKS ingin jemput bola dengan melibatkan pelaku-pelaku usaha sekaligus asosiasi,” katanya.

TPKS sendiri sebagai terminal operator yang menangani handling peti kemas saat ini sudah menangani sekitar 500 ribu teu’s per tahun baik itu pengiriman internasional maupun domestik.

Menurutnya, dari beberapa kunjungan industrial di Jawa Tengah TPKS memperoleh informasi bahwa ke depan akan lebih banyak muatan yang melalui TPKS. Kondisi tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah industri dan produk yang dihasilkan oleh Jateng.

“Peningkatan ini memberikan dampak positif terhadap kinerja TPKS. Bahkan saat ini sudah terlihat ada kenaikan jumlah kapal di kawasan pelabuhan,” katanya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi pertumbuhan bongkar muat, saat ini TPKS sedang membangun perpanjangan dermaga 105 meter sehingga total nantinya mencapai 600 meter. Dengan panjang tersebut TPKS bisa melayani 3 atau 4 kapal peti kemas.

Selanjutnya dilakukan pula perluasan dermaga seluas 5,3 hektar serta beberapa sarana pendukung di antaranya 11 automatic RTG, 10 new trailer, dan upgrade advance pada sistem teknologi informasi yang lebih handal untuk 5-10 tahun mendatang.(ant/pj)