Home Headline TPI Pekalongan Ditarget Hasilkan PAD Rp4,6 miliar

TPI Pekalongan Ditarget Hasilkan PAD Rp4,6 miliar

PAD
Ilustrasi

Pekalongan, 18/2 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menargetkan pendapatan asli daerah dari retribusi lelang di tempat pelelangan ikan sekitar Rp4,6 miliar.

Kepala Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan Kasim Sumadi di Pekalongan, Rabu, mengatakan pada 2015, pemkot menargetkan PAD sektor perikanan TPI sekitar Rp4,6 miliar atau naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp4,5 miliar.
“Target PAD TPI pada 2014 dapat terlampaui sehingga pemkot menaikkan lagi sebesar 2,2 persen atau Rp4,6 miliar dibanding tahun sebelumnya Rp4,5 miliar,” katanya.

Menurut dia, meski target pendapatan restribusi dari sektor perikanan meningkat Rp100 juta tetapi TPI optimistis mampu mencapainya.

“Kami optimistis target PAD TPI bisa tercapai karena realisasi nilai hasil lelang ikan atau raman selama awal Januari hingga pertengahan Februari 2015 menunjukkan tren positif,” katanya.

Ia mengatakan hasil lelang ikan pada Januari 2015 mencapai Rp12 miliar atau naik dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp5 miliar.

Tingginya hasil lelang ikan pada Januari 2015, kata dia, karena kapal nelayan dengan ukuran di atas 30 gross ton (GT) sudah banyak yang membongkar hasil tangkapan ikan di TPI.

“Untuk kapal di atas 30 GT sudah melelangkan hasil tangkapan ikan dengan jumlah yang relatif banyak dengan harga ikan yang relatif stabil, sedang kapal di bawah 30 GT masih menunggu kondisi laut membaik sehingga belum bisa berlayar,” katanya.(ant/Bj02)