Home Headline Topi Walek, Ritual TKKI Sebelum Berangkat Jamnas di Lampung

Topi Walek, Ritual TKKI Sebelum Berangkat Jamnas di Lampung

608

Semarang, 05/07 (Beritajateng.net) – Jangan anggap enteng mobil – mobil Toyota Kijang ini, walau usianya sudah lebih dari 30 tahun, namun kondisinya masih sangat prima. Ini dibuktikan oleh komunitas Toyota Kijang Kotak Indonesia (TKKI) Semarang, Jawa Tengah yang akan menghadiri Jambore Nasional (Jamnas) kedua di Lampung, pada tanggal 6 – 7 Juli 2019 ini.

Anggota TKKI Berkumpul dan Berdoa Sebelum Keberangkatan Rekan Mereka ke Lampung

Semalam, Kamis 4 Juli 2019, mereka bertolak dari Kota Semarang menuju Lampung, mereka berangkat sekitar pukul 20.00 (WIB).

Menurut Rudi Bagong, salah satu member TKKI, dari Semarang diwakili oleh tiga member mereka yaitu Yudi Bluemoon, dengan Kijang Kotak keluaran tahun 1984, Charis dengan Kijang Kotak keluaran tahun 1984 dan Dian dengan Kijang Kotak keluaran tahun 1981. “Kami memang tidak berangkat semua mas, ada perwakilan yang hadir, kali ini tiga member kami yang berangkat. Member lain ikut mendukung, dengan menyumbang uang atau apa saja untuk bekal perjalanan rekan mereka ke Lampung,” jelas Rudi saat ditemui di Base Camp 1 Cemara Semarang, di Jalan Cemara, Banyumanik.

Penempelan Sticker Peserta Jamnas Lampung

Ditambahkan Rudi, apa yang dilakukan oleh anggota komunitas ini, merupakan bentuk solidaritas dan gotong royong dalam komunitas mereka.”Ini kan bentuk persaudaraan yang kuat mas, saling mendukung dan gotong royong, di kami istilahnya “Topi Walek” atau lebih dikenalnya patungan,” tambah Rudi.

Istilah Topi Walek sendiri adalah, dimana senior atau sesepuh komunitas membawa topi dengan posisi terbalik dan mendatangi anggota lain untuk menyumbang uang. “Seiklasnya, berapapun mereka bisanya, masukkan ke topi. Intinya jangan sampai memberatkan mereka, lalu kami baru melakukan doa bersama agar rekan kami yang berangkat diberi kelancaran dan keselamatan,” pungkas Rudi. (NG/BJ)