Home Kesehatan Toilet Di Taman Parangkembang Tlogosari Jadi Percontohan 

Toilet Di Taman Parangkembang Tlogosari Jadi Percontohan 

Toilet Di Taman Parangkembang Tlogosari Jadi Percontohan 
SEMARANG, 24/5 (Berita Jateng.net) –Toilet Yang dibangun oleh The International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO) di Taman Parangkembang Perumahan Tlogosari Semarang akan dijadikan percontohan pembangunan toilet taman di Kota Semarang, bahkan di Jawa Tengah.

“Saat ini kami serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang telah membangun toilet dan kamar mandi umum berstandar SNI 8153:2015 di Taman Parangkembang Perumahan Tlogosari, untuk di daerah lain nanti menyusul,” kata Senior Vice President IAPMO Group Shirley Dewi di Semarang, Selasa (24/5).

Dia menjelaskan bahwa semua material pada sistem pipanisasi dan sanitasi di toilet umum yang dibangun IAPMO bersama Pemkot Semarang telah memenuhi persyaratan sesuai Standar Nasional Indonesia agar tidak membahayakan kesehatan.

“Material ‘plumbing’ harus tidak mudah pecah atau bocor, pemasangannya harus tepat, dan juga ‘performance’-nya juga harus oke, sekali siram langsung bersih agar menghemat air,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa pembangunan toilet dan kamar mandi ber-SNI yang dilengkapi ruang ganti ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial IAPMO dan baru pertama kali dibangun di Kota Semarang, bahkan di Indonesia.

Menurut dia, pembangunan toilet umum ber-SNI di Taman Parangkembang bukan tanpa sebab mengingat di salah satu taman di Kota Semarang ini menjadi titik temu berbagai komunitas yang dilengkapi sarana kuliner, namun ketersediaan toilet umum serta air bersih yang sehat belum terpenuhi.

“Diharapkan dengan pembangunan toilet umum ber-SNI di taman ini bisa meningkatkan fungsi taman kota menjadi lebih baik, terpelihara, asri, serta bersih lingkungannya,” ujarnya.

Dengan air bersih dan sanitasi yang sehat, kata dia, dapat membantu pemerintah dalam mengadopsi, mengimplementasikan, dan menegakkan standar sistem “plumbing” yang dapat menghasilkan serta menjamin ketersediaan air bersih dan sehat.

“Proyek ini sangat penting untuk membantu Indonesia mengatasi masalah air bersih dan sanitasi yang efektif bagi kesehatan masyarakat,” katanya.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang Budi Prakosa mengatakan bahwa toilet umum ber-SNI yang menjadi purwa rupa ini akan diterapkan di seluruh taman yang ada di kota setempat.

“Akan kami sediakan toilet umum dengan fasilitas seperti ini karena ini menjadi persyaratan standar bagi masyarakat terutama untuk memenuhi syarat aspek kesehatan,” ujarnya. (BJ13)