Home News Update TNI Siap Dukung Program Swasembada Pangan

TNI Siap Dukung Program Swasembada Pangan

penandatangan MoU ketahanan pangan. foto/bj12
penandatangan MoU ketahanan pangan. foto/bj12
penandatangan MoU ketahanan pangan. foto/bj12

Kudus, 22/1 (Beritajateng.net)-Tantara Nasional Indonesia (TNI) AD siap mendukung program nasional swasembada pangan pada tahun 2017 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Bentuk dukungan tersebut, salah satunya dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Kudus dengan Kodim 0722/ Kudus.

Komandan Komando Resor Militer (Korem) 073/ Makutarama Kolonel Kavaleri Boeng Wardadi, Kamis (22/1) menyaksikan penandatanganan MoU antara Bupati Kudus Musthofa dengan Dandim 0722/ Kudus Letkol Arh Ibnu Sukelan yang dilakukan di Pendopo Desa Wisata Wonosoco, Kecamatan Undaan Kudus.

Dandim Kudus Letkol Arh Ibnu Sukelan mengatakan, Anggota TNI di Kudus siap mendukung program pemerintah swasembada pangan nasional pada tahun 2017. Salah satu bentuk dukungan yang akan dilakukan, pihaknya akan melibatkan secara aktif petugas yang ada di Koramil termasuk Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang ditugaskan di setiap desa.

”Kabupaten Kudus termasuk lumbung beras di Jawa Tengah. Pada tahun 2015 produksi beras di Kudus ditargetkan mencapai 158.000 ribu ton,” katanya.

Untuk merealisasikan target Pemkab Kudus tersebut, Kodim 0722 siap mendukung program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat secara keseluruhan. Dan, Kodim Kudus dinyatakan siap selama 24 jam untuk bekerja demi ketahanan nasional.

Sementara Bupati Kudus Mustofa menekankan pentingnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui ketahanan pangan. Program pemerintah pusat terkait swasembada pangan pada tahun 2017, dikatakan sebagai program yang patut didukung oleh semua pihak tanpa terkecuali.

”Hari ini kita menandatanganoi nota kesepahaman  dengan Dandim, untuk program swasembada pangan, yang telah dicanangkan pemerintah pusat,” paparnya.

Sedangkan Danrem 073/ Makuratama, Kolonel (Kav) Bueng W  menegaskan, penandatangan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman  yang sebelumnya telah ditandatangani oleh KSAD dan Menteri Pertanian. Sebelumnya, lanjutnya, Gubernur Jateng dan Pangdam IV/ Diponegoro hal serupa di Klaten beberapa waktu lalu.

Dikatakan, untuk mensukseskan program swasembada pangan pihaknya  akan mengerahkan seluruh potensi yang ada. Kodim Kudus, disebutkan terdapat 130 Babinsa yang siap menjadi pendamping Gapoktan setiap saat. Sedangkan Korem 073 ada 1.400 Babinsa yang juga siap melaksanakan tugas serupa.

”Kita juga menekankan agar intel TNI AD ikut mengawasi jalur distribusi pupuk bersubsidi. Semua potensi yang ada akan kita kerahkan tentu dengan berkoordinasi dengan kepolisian,” imbuhnya. (BJ12)