Home Hukum dan Kriminal TNI Polri & Perhutani Patroli Di Hutan Blora Antisipasi Karhutla

TNI Polri & Perhutani Patroli Di Hutan Blora Antisipasi Karhutla

189
TNI Polri & Perhutani Patroli Di Hutan Blora Antisipasi Karhutla

Blora, 20/7 (BeritaJateng.net) – Untuk antisipasi pembalakan liar di kawasan hutan negara serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Polres Blora Polda Jawa Tengah menjalin sinergi dengan Kodim 0721/Blora dan perhutani menggelar patroli bersama.

Seperti yang kita ketahui sebagian besar wilayah kabupaten Blora adalah wilayah hutan, dan untuk menjaga keamanan dihutan tersebut aparat gabungan kompak melakukan tindakan pencegahan.

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Tunjungan Polres Blora, bersama dengan Koramil Tunjungan dan Perhutani setempat, patroli blusukan ke hutan Nglawungan di wilayah Kecamatan Tunjungan, Senin, (20/07/2020).

Kapolsek Tunjungan AKP Budiyono,SH mengungkapkan bahwa sesuai dengan instruksi dari Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,S.I.K bahwa Kepolisian selaku aparat keamanan harus selalu aktif bersinergi dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah, dan salah satunya adalah di wilayah hutan. “Patroli sinergitas kita gelar untuk menjaga kelestarian hutan agar tidak terjadi pembalakan liar serta antisipasi kebakaran hutan dan lahan,” ucap AKP Budiyono.

Dalam patroli gabungan tersebut petugas juga menyampaikan imbauan kepada warga, terutama masyarakat sekitar hutan untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan. “Kami mengajak masyarakat sekitar hutan untuk ikut peduli, bahwa hutan harus kita jaga, karena jika terjadi pembalakan hutan dan hutan jadi gundul, tentunya rawan terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor,” beber AKP Budiyono.

Yasir, Kepala desa Tunjungan mengaku senang dengan adanya patroli gabungan tersebut, pihaknya selaku kepala desa mengaku lebih tenang dan merasa ada dukungan dari aparat berwajib, jika di wilayahnya terjadi pencurian kayu negara, “Tentunya kami senang, dan kami akan dukung untuk ikut serta menjaga keamanan dan kelestarian hutan, terutama di wilayah hutan Nglawungan,” ucap Kepala Desa.

Untuk diketahui patroli gabungan blusukan hutan bukan hanya di gelar di wilayah kecamatan Tunjungan saja, namun hal yang sama juga di gelar di 16 kecamatan di seluruh kabupaten Blora oleh Polsek, Koramil dan perhutani setempat. (Her/El)