Home Nasional Tjahjo : Haryanto Taslam Sahabat Baik

Tjahjo : Haryanto Taslam Sahabat Baik

tjahyo kumolo

Jakarta, 15/3 (BeritaJateng.net) – Politikus PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengenang politikus Partai Gerindra Haryanto Taslam yang tutup usia pada Sabtu (14/3) malam di Jakarta sebagai sahabat yang baik.

“Almarhum Haryanto Taslam bagi saya seorang sahabat yang baik,” kata Tjahjo kepada Antara di Jakarta.

Bagi Tjahjo, kawan seperjuangan yang sempat tergabung di PDIP dikenal sebagai seorang aktivis pergerakan.

“Beliau sering berkomunikasi dengan saya baik melalui telepon maupun SMS, baik saat beliau masih di Fraksi PDI Perjuangan bersama saya, maupun ketika sudah pindah ke Partai Gerindra.

“Pak Haryanto selalu berdiskusi dengan saya dan mengingatkan saya terhadap gelagat perkembangan dinamika politik nasional,” terang Tjahjo yang sempat menjenguk almarhum di RS Medistra, Jakarta selama 65 menit terakhir masa hidup Haryanto.

“Selamat jalan mas Haryanto Taslam,” kata Tjahjo.

Politikus sekaligus Juru Bicara PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan Haryanto adalah tokoh reformasi, yang ikut berjuang pada masa-masa sulit, awal terbentuknya PDIP.

Menurut Eva, pada masa orde baru Haryanto tercatat sebagai orang yang ikut menggerakkan pro-Mega bersama elemen prodemokrasi untuk menjatuhkan Soeharto bersama .

“Dia menjadi salah satu model politikus PDIP yang idealis. Bahkan dia bersama Budiman Sujatmiko ikut terima rrsiko dengan diculik oleh Tim Mawar. Dia senior yang teguh pendirian, idealis dan konsekuen dengan pilihan sikapnya,” nilai Eva.

Eva mengatakan PDI Perjuangan mengenang Haryanto sosok tanpa kontroversi. Haryanto dipandang sebagai tipe kader nasionalis yang tidak pernah membuka aib atasan.

“Ia tipe kader nasionalis yang ‘mendem njero’ (tidak membuka aib) ke atasan. Tetapi sedikit misteri dari beliau yaitu seputar penculikannya yang dia tidak pernah ungkap tuntas,” terang Eva.

Politikus senior Partai Gerindra Haryanto Taslam meninggal dunia pada Sabtu malam di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan.

Kabar meninggal dunia itu dipastikan oleh anak pertama Haryanto, Barep Taslam.

Haryanto meninggal setelah sempat dirawat satu hari di Medistra.

Jenazah Haryanto disemayamkan di rumah duka di kediamannya di Jalan Bulu Rindu Blok N Nomor 1, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kondisi tubuh Haryanto sebelumnya dikabarkan sempat menurun sehingga dilarikan ke RS Medistra Jumat sore (13/3) setelah tersedak makanan cair. (ant/BJ)