Home Kesehatan Tips Agar Mudah Dalam Melahirkan

Tips Agar Mudah Dalam Melahirkan

Ilustrasi

Jakarta, 10/5 (BeritaJateng.net) – Kehidupan menjadi ibu tampaknya seperti naik roller-coaster dan konstan emosi. Satu menit, dia sangat tertarik untuk melihat bayi baru, menit berikutnya, dia sarat dengan kecemasan tentang proses persalinannya.

Perasaan itu cukup umum dengan sebagian besar wanita hamil. Meskipun kehamilan adalah fase dalam kehidupan seorang wanita yang sangat umum, namun masih banyak orang yang merasa takut menjalani proses melahirkan. Seperti prosedur medis lainnya, melahirkan dikaitkan dengan faktor-faktor risiko tertentu yang menyebabkan kecemasan pada ibu hamil.

Sejumlah komplikasi dapat terjadi selama persalinan yang dapat membahayakan kesehatan sang ibu dan anak. Jadi, agak alami untuk wanita hamil dan bahkan keluarganya untuk khawatir selama ini. Tapi, stres hanya dapat membuat masalah lebih buruk. Hal ini penting bagi ibu untuk tetap santai dan mengikuti gaya hidup sehat untuk mencegah komplikasi yang tak terduga.

Ada hal-hal tertentu untuk calon ibu dapat lakukan untuk membantu dirinya memiliki proses melahirkan yang aman dan mudah. Berikut tips yang dikutip dari boldsky.com

Olahraga

Melakukan rutinitas latihan atau olahraga disarankan oleh para dokter, selama masa kehamilan, karena dapat membantu menjaga tubuh Anda fleksibel dan juga dapat merangsang produksi hormon yang membantu dalam proses melahirkam yang sehat.

Jangan stres

Daripada berpikir terlalu banyak tentang kemungkinan komplikasi dan stres, disarankan bahwa wanita hamil menjalankan hobi atau kegiatan lain yang membantu dalam mengalihkan perhatiannya.

Meditasi

Calon ibu dapat berlatih yoga atau meditasi untuk meredakan diri dari stres dan kecemasan. Ini akan menjaga otot-ototnya rileks. otot rileks sangat penting untuk proses melahirkan yang mudah.

Diet sehat

Hal ini penting untuk mengkonsumsi makanan sehat sebelum persalinan, seperti makanan berlemak dan makanan junk dapat menyebabkan gangguan pencernaan, menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan beberapa saat melahirkan.

Pijat

Calon ibu bisa mendapatkan bisa pijat perineum rutin oleh seorang profesional, mulai beberapa bulan sebelum persalinan. Hal ini membantu dalam mengurangi ketegangan otot di daerah itu dan melebarkan kulit, sehingga membantu dalam proses melahirkan yang mudah.

Teknik pernapasan

teknik pernapasan praktik-bermotif yang disarankan untuk wanita hamil. Hal ini membantu dalam mengurangi kontraksi rahim dan kram yang terjadi sebelum persalinan.

Mandi

Hal ini disarankan bahwa wanita hamil harus mandi air hangat hanya beberapa jam sebelum persalinan, karena hal ini membantu kemudahan kontraksi dan membuat tubuh wanita hamil lebih siap untuk melahirkan. Hal ini juga dapat mengurangi tingkat stres nya.

Bantuan emosional

Hal ini penting bagi wanita hamil untuk memiliki seseorang untuk mendukung secara emosional selama persalinannya yang dekat dan sayang harus bersamanya sampai prosedur berakhir. Hal ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres, sehingga membantu saat melahirkan. (Bj)