Home Headline Tingkatkan SDM Wartawan PWI Gelar UKW

Tingkatkan SDM Wartawan PWI Gelar UKW

Tingkatkan SDM Wartawan PWI Gelar UKW

BLORA, 2/12 (BeritaJateng.net) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, dan PWI Kabupaten Blora, gandeng SKK Migas Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa), ExxonMobile, Pertamina Zona 11, Pertamina EP Cepu, TIS, PGN, DPC Hiswana Migas Pati serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, menggelar Uji Kompertensi di Wartawan (UKW) guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan agar lebih kompeten dalam pemberitaan.

Penyelenggaraan UKW dilaksanakan di Gedung Samin Pemkab Blora, selama dua hari Kamis – Jumat (2-3 Desember 2021).

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan UKW yang digelar di Blora ini adalah kali perdana, dan ini menunjukan bahwa PWI Kabupaten Blora ingin membantu para wartawan agar lebih profesional dalam pemberitaan.

“Kami apresiasi kawan kawan PWI Blora, bisa bermitra dengan baik dengan Pemkab Blora, dan Perusahaan, sehingga bisa terselenggara acara ini. Ini sangat bagus untuk meningkatkan SDM kawan kawan wartwan di Blora, dan di Jawa Tengah,” ucap Amir

Amir menyayangkan kawan kawan yang sudah mendaftar tidak jadi ikut, padahal PWI Blora sudah memfasilitasi dengan baik.

“Sayang ya, kalau sudah daftar terus tidak tiba tiba tidak ikut, padahal di data PWI Jawa Tengah masih banyak yang mengantri,” tuturnya.

Soal membayar, lanjut Amir, PWI Jawa Tengah ini lebih murah dibanding dengan lainya, kisaran Rp.150.000 – Rp.250.000. sedangkan di luar PWI Jateng, di Sumatera ,DKI Jakarta itu mencapai jutaan rupiah.

Adanya UKW ini diharapkan nantinya wartawan Blora yang lulus, bisa menjadi wartwawan yang benar benar kompeten, membantu pemerintah dalam pemberitaan yang inspiratif ,medidik dan sebagai kontrol sosial yang membangun.

Sementara Bupati Blora Arief Rohman, berterima kasih kepada PWI Jateng dan PWI Blora serta SKK Migas Jabanusa dan KKKS yang telah mendukung terselenggaranya UKW.

Pemkab selalu bersinergi dengan wartawan di Blora, untuk bersama sama membangun Blora lebih baik.

“Kami siap untuk untuk dikritik demi kemajuan Blora lebih baik. Mudah mudahan UKW ini bisa menghasilkan wartawan yang profesional dalam pemberitaan, agar bisa bersama sama membangun Blora lebih baik,” kata Bupati saat membuka acara UKW di ruang pertemuan Setda Blora.

Arief berharap kedepan wartwan yang sudah mengikuti UKW bisa bekerjasama dengan Pemkab Blora mengangkat petotensi yang ada di Blora untuk menarik investor atau wisatawan agar mau datang ke Blora.

Apalagi saat ini Bandara Ngloram sudah mulai beroperasi, sehingga butuh dukungan pemberitaan yang inofativ dan kreatif.

Hadir dalam kegiatan itu Bupati Blora, perwakilan Forkompimda, Dinas Komunikasi dan Informatika, Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Pertamina Zona 11, Pertamina EP Cepu (PEPC), dan ExxonMobile. (Her/El)