Home Ekbis Tingkat Hunian Hotel Merosot

Tingkat Hunian Hotel Merosot

image

Semarang, 9/4 (Beritajateng.net)- Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah Jam Jam Zamachsyari mengatakan tingkat hunian kamar hotel di provinsi ini pada bulan Februari hanya 37,26 persen. Kondisi tersebut menurun jika dibanding periode yang sama tahun lalu atau turun 3,83 poin.

Menurutnya bisa jadi hal itu karena efek larangan menggelar rapat di hotel bagi kalangan pemerintahan. Tidak hanya di bintang tiga, penurunan tingkat hunian hotel juga terjadi di bintang lima.

Jam Jam menjelaskan kondisi tersebut diharapkan akan berubah untuk bulan-bulan mendatang. Sebab Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mencabut aturan larangan PNS menggelar rapat di hotel.

Diketahui pencabutan tersebut diterbitkan melalui PermenPan RB Nomor 6/2015. Dijelaskan PNS diperbolehkan kembali rapat di hotel dengan memerhatikan efisiensi anggaran negara tanpa merugikan industri perhotelan. Dalam aturan itu seluruh PHRI diwajibkan membuat pakta integritas bersama Menpan RB untuk menghindari praktik mark up bill dan praktik KKN.(BJ23)