Home Lintas Jateng Tim Srikandi Polres Banyumas Siap Kawal Arus Mudik

Tim Srikandi Polres Banyumas Siap Kawal Arus Mudik

Tim Srikandi Polres Banyumas melakukan aksi konvoi dengan Motor Gede (Moge).
Tim Srikandi Polres Banyumas melakukan aksi konvoi dengan Motor Gede (Moge).
Tim Srikandi Polres Banyumas melakukan aksi konvoi dengan Motor Gede (Moge).

Purwokerto, 22/6 (BeritaJateng.net) – Bukan hal yang aneh jika motor besar milik Polres Banyumas bersliweran patroli di jalan. Namun, menjadi tidak biasa, jika pengemudi motor besar tersebut adalah polisi wanita (polwan).

Terlebih lagi polwan yang tergabung dalam Tim Srikandi Satlantas Polres Banyumas ini juga mahir memperagakan berbagai keahlian sambil mengendarai motor besar.

Keahlian mereka terlihat dalam latihan di GOR Satria, Senin (22/6). Sebanyak lima polwan mengendarai motor besar dan lima lainnya mengendarai motor trail.

Mereka kemudian melakukan aksi zig-zag dengan posisi melingkar serta memperagakan beberapa gerakan di atas motor yang melaju. Pergerakan ‘joint rider’ juga diperagakan dengan sempurna.

Salah satu polwan yang tergabung dalam pasukan Srikandi ini, Brigadir Dua Adelia Kasih mengatakan, ia mengendarai motor besar pertama kali saat bergabung dengan tim Srikandi. Sebelumnya ia tidak pernah mengendarai motor besar, terlebih lagi mengendarai sendiri.

“Pertama tentu banyak kendala, terlebih lagi sebelumnya saya tidak pernah mengendarai motor besar. Tetapi berkat latihan rutin serta bimbingan dari para senior, dalam waktu sekitar satu bulan, saya sudah terbiasa mengendarai motor besar,” katanya.

Motor besar yang dikendarai tim Srikandi ini berkapasitas sekitar 900 cc. Sebagian besar dari mereka baru pertama mengendarai motor besar maupun trail dan butuh waktu sekitar satu bulan untuk beradaptasi.

Kasat Lantas Polres Banyumas, AKP Ihram Kustarto mengatakan, tim Srikandi ini akan diterjunkan untuk mengawal arus mudik  dan balik lebaran tahun ini. Karena itu mereka dibekali kemampuan berkendara sepeda motor dengan berbagai rintangan di jalan. Sebab, nantinya mereka akan bertugas di jalanan, terutama untuk menerobos serta mengurai kemacetan.

“Kurang lebih ada 10 polwan yang akan diterjunkan untuk mengawal arus mudik dengan motor besar maupun motor trail. Kalau tim pengurai kemacetan sendiri, beranggotakan 35 personil, termasuk yang menggunakan kendaraan roda empat,” katanya. (BJ33)