Home Hukum dan Kriminal Tim Sidak Karanganyar Temukan Bahan Makanan Berformalin

Tim Sidak Karanganyar Temukan Bahan Makanan Berformalin

Petugas menemukan makanan mengandung formalin saat sidak di Karanganyar.

KARANGANYAR, 7/6 (BeritaJateng.net) – Sidak yang digelar Bupati Juliatmono bersama Wakil Bupati Rohadi Widodo di sejumlah pasar tradisional Karanganyar menemukan bahan makanan yang menggunakan bahan pengawet berbahaya seperti formalin dan rodhamin B.

Jenis bahan pengawet berbahaya ditemukan di sejumlah bahan makanan seperti ikan teri, kerupuk merah yang sering digunakan masyarakat untuk pendamping gado-gado, cendol, juga mi basah.

Usai menemukan bahan makanan berbahaya, petugas dari DKK Karanganyar langsung melakukan tes pada bahan makanan tersebut di lokasi penemuan dengan disaksikan secara langsung oleh Wakil Bupati Rohadi Widodo.

Sementara itu Fatkul Munir Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Karanganyar mengatakan sample bahan makanan diambil secara acak di empat pedagang yang berbeda di pasar Jongke Karanganyar.

“Bahkan Wakil Bupati juga saksikan langsung pengetesan sample makanan yang menggunakan pengawet berbahaya,” paparnya di Karanganyar Jawa Tengah, Selasa (7/6/2016).

Selanjutnya, Wakil Bupati Karanganyar perintahkan agar bahan makanan yang mengandung zat berbahaya tidak lagi dijual di pasar karena bisa membahayakan kesehatan.

Dinas Kesehayan sendiri segwra membentuk tim pengawasan terkait peredaran bahan makanan berformalin yang membayakan kesehatan. Selain itu pemahaman para pedagang terhadap masa kadaluarsa barang daganganya juga kurang.

“Dinkes juga menghimbau pada masyarakat agar berhati-hati jika Membeli bahan makanan yamg berwarna terang karena itu bisanya menggunakan pewerna berbahaya,” pungkasnya. (Bj24)