Home Lintas Jateng Tim SAR Evakuasi Jasad Bocah Tenggelam di Serayu

Tim SAR Evakuasi Jasad Bocah Tenggelam di Serayu

image
Ilustrasi

Banyumas, 22/11 (Beritajateng.net) – Tim “Search and Rescue” (SAR) gabungan mengevakuasi jasad seorang bocah berusia delapan tahun yang tenggelam di Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sejak Kamis (20/11).

“Jasad korban atas nama Daffa Safiq Arifin (8) ditemukan warga di Desa Papringan, Kecamatan Banyumas, atau sekitar satu kilometer ke arah barat dari lokasi kejadian,” kata Koordinator Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap Mulwahyono di Banyumas, Sabtu.

Ia menjelaskan warga setempat yang mengetahui mayat terapung di tengah Sungai Serayu pun segera mengambilnya dan membawa ke daratan.

Selanjutnya, kata dia, warga menghubungi tim SAR gabungan yang sedang melakukan operasi pencarian korban tenggelam di Sungai Serayu.

“Setelah dipastikan bahwa mayat yang ditemukan itu adalah bocah yang kami cari, jasad korban pun segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani pemeriksaan dan selanjutnya dipulangkan ke rumah duka, Desa Wlahar Wetan RT08/RW01, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, untuk dimakamkan,” katanya.

Mulwahyono mengatakan nahas yang dialami Daffa Safiq Arifin terjadi saat korban bersama adiknya bernama Fian dan dua rekannya bermain di atas perahu penambang pasir yang ditambatkan di salah satu depot pasir Sungai Serayu, Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor, Banyumas pada Kamis (20/11), sekitar pukul 15.00 WIB.

“Korban selanjutnya turun ke sungai. Namun nahas, tidak lama kemudian tubuh korban terseret arus deras Sungai Serayu,” katanya.

Dia menjelaskan adik korban dan dua rekannya segera pergi meninggalkan lokasi kejadian guna mencari pertolongan.

Selanjutnya, adik korban memberitahu ayahnya, Slamet Priatin, bahwa Daffa tenggelam di Sungai Serayu.

Slamet segera mendatangi lokasi yang ditunjukkan Fian, namun tubuh Daffa tidak ditemukan.

Hingga akhirnya kejadian tersebut dilaporkan ke Kepolisian Sektor Kalibagor yang ditindaklanjuti dengan upaya pencarian korban yang melibatkan Basarnas Pos SAR Cilacap, Cilacap Rescue, Tagana Banyumas, Serayu Rescue, SAR Banyumas, Linmas Inti, RAPI Banyumas, PMI Banyumas, dan Ubaloka Banyumas.(ant/pj)