Home Headline Tim SAR Cari Pendaki Yang Jatuh Di Kawah Merapi

Tim SAR Cari Pendaki Yang Jatuh Di Kawah Merapi

Tim SAR cari pendaki yang jatuh di kawah merapi
Tim SAR cari pendaki yang jatuh di kawah merapi
Tim SAR cari pendaki yang jatuh di kawah merapi

Boyolali, 17/5 (BeritaJateng.net) – Proses pencarian terhadap Eri Yunanto (21) mahasiswa asal Atmajaya Yogyakarta yang jatuh ke Kawah Gunung merapi pada Sabtu (16/5) kemarin,  hari ini dilakukan.

Basarnas dan tim SAR gabungan pagi ini, Minggu (17/5) melakukan upaya pencarian dengan melibatkan puluhan personel gabungan.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Jawa Tengah Tri Joko Priyono yang berada di Pos pendakian Selo, Boyolali mengatakan, sejak Sabtu kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB, SRU 1 sudah naik sebanyak 9 orang, untuk melakukan observasi awal. 

Kemudian tadi pagi, lanjutnya, sekitar pukul 04.00 pagi diberangkatkan lagi SRU ke 2 dengan jumlah personel sebanyak 27 orang. 

SRU kedua, kata Joko, yang berangkat tadi pagi membawa peralatan mountenering. “Tali yang dibawa sekitar 800 meter. Kita perkirakan korban yang jatuh ke kawah di kedalaman 200 meter. Makannya kita sediakan tali 800 meter untuk mengantisipasi jalur atau medan dinding yang berbatu curam dan pasti sulit,” papar Joko.

Selain peralatan mountenering, lanjut Joko, SRU 2 juga membawa tabung SCBA lengkap dengan maskernya.

“Dengan alat ini, kami gunakan untuk mengantsipasi gas yang beracun,” ngkapnya.

Adapun Tim SAR gabungan terdiri atas, Basarnas, Balai Taman Nasional Gunung Merapi, SAR DIY,  SAR Klaten, BPBD Boyolali, SAR Boyolali dan mapala serta masyarakat. (Bj14)