Home Headline Tim SAR Berhasil Angkat Erry Dari Kawah Merapi

Tim SAR Berhasil Angkat Erry Dari Kawah Merapi

IMG_20150519_114323

Gambar saat evakuasi jasad Erry
Gambar saat evakuasi jasad Erry
Proses evakuasi jasad Erry
Proses evakuasi jasad Erry

Boyolali, 19/5 (BeritaJateng.net) – Siang ini (19/5) Basarnas beserta tim SAR gabungan telah bersiap untuk melakukan penjemputan terhadap jenasah Erry Yunanto yang terjatuh ke kawah Gunung Merapi. Setidaknya ada empat titik yang telah dipersiapkan untuk proses estafet yaitu, di pos Pasar Bubrah, Pos 2, pos 1 dan Gerbang Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Menurut Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono, saat ini posisi korban telah terevakuasi di bibir jurang atau puncak Gunung Merapi dan akan segera di evakuasi turun.

“Berdasarkan hasil komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan radio (HT), korban sudah berhasil dievakuasi dari dalam kawah beberapa saat yang lalu,” ngkapnya.

Sedangkan saat ini, lanjutnya, sedang dalam proses evakuasi turun ke Posko di Selo. “Kita juga sudah menyiapkan 4 SRU yang akan membantu proses estafet turun menuju pos New Selo untuk diterima ambulan dan dibawa ke RSUD Boyolali,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Erry Yunanto (21) terjatuh ke dalam kawah gunung merapi pukul 11 siang pada hari Sabtu (16/2). Mahasiswa semester 6 universitas Atmajaya Yogyakarta tersebut diduga terpeleset saat akan turun dari puncak Gunung Merapi. Korban jatuh di kedalaman kurang lebih 200 meter, sehingga cukup menyulitkan proses evakuasi yang dilakukan oleh tim SAR Gabungan.

Karena selain dalam, panas yang bisa mencapai 100°C lebih serta adanya gas sulfur yang beracun juga menjadi pertimbangan bagi tim dalam melakukan evakuasi.

Berdasarkan pengamatan cuaca, sejak pagi hingga siang ini gunung merapi cukup cerah dan proses evakuasi terhadap Erry Yunanto bisa berjalan maksimal.

“Kami berharap cuaca akan terus seperti ini dan evakuasi bisa berjalan dengan maksimal hingga korban bisa kita bawa turun,” tutup Agus.(Bj14)