Tim Riset MAN 1 Kudus Juara Umum Mechanical Fair UGM 2023

KUDUS – Tim Riset Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus unjuk prestasi pada Mechanical Fair Universitas Gadjah Mada (UGM) 2023. MAN 1 Kudus menyertakan tiga tim riset dan ketiganya meraih juara. Sehingga, MAN 1 Kudus didaulat sebagai juaram umum Mechanical Fair UGM 2023.

Juara pertama diraih tim MAN 1 Kudus yang beranggotakan Renata Nurul Fatihah dan Rifqi Farrel Ahmad. Tim yang meraih juara kedua diisi oleh Sasta Nayma Tsabita. Untuk tim juara ketiga beranggotakan Risqi Candra Nugraha, Itsna Aulia Dewi, Najwa Fadlilah Mahmudah, dan Thoriq Faza.

“Prestasi ini tidak hanya mencerminkan keunggulan madrasah, tetapi juga menunjukkan bahwa tim riset MAN 1 Kudus memiliki kemampuan luar biasa dan kompetitif,” terang pembimbing riset MAN 1 Kudus, Arif Noor Adiyanto, di Kudus, Kamis (7/9/2023).

Arif Noor menjelaskan, perjalanan MAN 1 Kudus menuju kemenangan dimulai pada 10 Juli 2023. Saat itu, tim riset mengirimkan abstrak. Pengumpulan fullpaper dilakukan pada 13 Agustus 2023. Untuk tahap akhir, yakni presentasi, berlangsung pada 31 Agustus 2023, secara online.

Tim yang meraih juara 1 mempresentasikan hasil riset dengan judul “Inovasi Sistem Filter Air Dan Penyerap Bau Menggunakan Adsorben Tempurung Kelapa Dan Zeolit Pada Budikdamber Ikan Lele Berbasis Internet Of Things”.

Tim peraih juara 2 mengusung ide “Si-Zegel: Teknologi Kapal Pengangkut Sintesis Zeolit Gel Dari Abu Blotong Tebu Sebagai Filter Amonia Pada Kolam Ikan Tawar”. Sementara tim peraih juara 3 mempersembahkan hasil riset dengan judul “Isolat Protein Larva BSF dan Nanopartikel Kitosan Sebagai Sistem Inhibitor Brine Water Pipa Minyak Bumi”. Meskipun berbeda bidang, semua tim menunjukkan semangat luar biasa dalam mempertahankan karya ilmiah mereka.

“Dengan tekad yang kuat, tim riset MAN 1 Kudus yang terdiri dari individu-individu berbakat ini berhasil menyampaikan hasil riset mereka melalui sesi Zoom. Pengumuman hasil juara lomba dibagikan melalui akun Instagram @mechfairugm pada 5 September 2023,” papar Arif Noor Adiyanto.

Salah satu anggota tim riset MAN 1 Kudus, Renata, menekankan bahwa kesuksesan ini adalah hasil dari kerja keras dan semangat yang tak pernah padam. “Kami harus membuat prototype produk, dan kami latihan setiap malam. Alhamdulillah, kami berhasil,” lanjut Farel, anggota tim lainnya.

Pembimbing riset lainnya, Nurul Khotimah merasa bangga dan terinspirasi dengan prestasi berturut-turut tim riset MAN 1 Kudus. Mereka berharap prestasi ini akan menjadi fondasi bagi lebih banyak pencapaian gemilang dari tim riset MAN 1 Kudus di masa depan.

“Dengan pencapaian luar biasa ini, tim riset MAN 1 Kudus telah membuktikan potensi dan kemampuannya. Mereka adalah sumber kebanggaan sekolah, yang akan terus menginspirasi kecerdasan dan kreativitas Indonesia dalam dunia penelitian,” sebut Ahmad Edi Darmawan.

Kepala MAN 1 Kudus, Taufik, dengan keyakinan penuh, menyatakan bahwa tim ini siap untuk mencetak prestasi lebih besar di kompetisi mendatang. Ini sesuai semangat dan motto riset: “SIKAT, BABAT, MAN 1 HEBAT.” Seluruh komunitas sekolah mengucapkan selamat atas prestasi gemilang ini.(nag)

Leave a Reply