Home Headline Tim Pengabdi UNNES Gelar Workshop Penyusunan Video Pembelajaran Inovatif

Tim Pengabdi UNNES Gelar Workshop Penyusunan Video Pembelajaran Inovatif

Tim Pengabdi UNNES Gelar Workshop Penyusunan Video Pembelajaran Inovatif

Semarang, 14/8 (BeritaJateng.net) – Sebagai upaya melaksanakan Tridharma perguruan tinggi, Tim Pengabdi masyarakat yang terdiri dari dosen dibantu dua mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang menggelar workshop untuk guru-guru SD di Gugus Srikandi, Kota Semarang.

Workshop bertajuk Pengembangan Video Pembelajaran Inovatif menggunakan Aplikasi Berbasis Android ini diikuti oleh perwakilan masing-masing sekolah pada Gugus Srikandi.

Rangkaian kegiatan workshop ini diawali dengan sambutan Ketua Pengabdi, Dewi Nilam Tyas, S.Pd., M.Pd dan Ketua Gugus Srikandi, Agus Ngaderiyanto, S.Pd.

Selanjutnya kegiatan ini dibuka oleh Pengawas SD yaitu Dra. Hj. Nani Kusuma, M.Si. yang sekaligus memberikan apresiasi terhadap UNNES atas terselenggaranya kerja sama ini.

Ketua tim pengabdi, Dewi Nilam Tyas, S.Pd., M.Pd menyatakan, penyusunan video pembelajaran sebagai media pembelajaran inovatif di masa pandemi Covid-19 harus sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa.

“Guru dapat menyusun video Pembelajaran dengan lebih praktis menggunakan aplikasi berbasis android. Namun tujuan utama dari setiap upaya yang dilakukan adalah untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran,” ujarnya.

Menurutnya, fokus utama dari kegiatan ini adalah peningkatan literasi digital dan keterampilan dalam mengembangkan video pembelajaran inovatif menggunakan aplikasi berbasis.

Workshop digelar secara daring sejak tanggal 22-30 Juli 2021 melalui aplikasi Zoom Clouds Meeting dibantu dengan koordinasi melalui WAgroup.

Pada hari pertama sebelum masuk ke materi, peserta mengerjakan soal pretest, selanjutnya materi pertama mengenai Literasi digital dan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis TIK disampaikan oleh Dr. Sri Sukasih, S.S., M.Pd.

Literasi digital merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal. Kemampuan ini tentunya sangat penting dimiliki oleh para pendidik.

Materi kedua disampaikan oleh Desi Wulandari, S.Pd., M.Pd. mengenai Prinsip Penyusunan Video sebagai Inovasi Pembelajaran disesuaikan dengan RPP.

Pada hari kedua peserta mendapatkan materi mengenai Paenyusunan Video Pembelajaran dengan Aplikasi Berbasis Android: Canva dan VlogNow yang disampaikan oleh Dewi Nilam Tyas, S.Pd., M.Pd. dan Atik Helmiana.

Dalam penjelasan ini, tim pengabdi juga menyampaikan contoh video dan panduan penggunaan kedua aplikasi tersebut untuk membuat video Pembelajaran.

Kegiatan ini berlangsung bukan tanpa kendala, namun baik tim pengabdi maupun peserta workshop selalu mengkomunikaiskan kendala ini sehingga semuanya dapat berjalan lancar.

Setelah kegiatan hari pertama dan kedua selesai, maka dilanjutkan dengan pendampingan peserta dalam penyusunan video Pembelajaran dan presentasi hasil yang direview oleh Dra. Sumilah, M.Pd dan Dr. Sri Sulistyorini, M.Pd., serta Dewi Nilam Tyas, S.Pd., M.Pd. Acara yang dimoderatori oleh Ita Amalia ini berlangsung sangat interaktif dan menarik.

Beberapa peserta memaparkan hasilnya, seperti kelompok Ibu Anisah Rizki dari SD Gisikdrono 02, kelompok Ibu Trisiani dari SD Gisikdrono 03, dan kelompok Ibu Nurjanah dari SD Islam Al Hikmah. Bapak/Ibu peserta yang lain juga mencermati dan menyampaikan pendapat belaiu terkait video yang ditampilkan. Kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sukses dan diakhiri dengan post test pada tanggal 6 Agustus 2021. (Ak/El)