Home Ekbis Tiket KA Lebaran Masih Banyak Tersedia

Tiket KA Lebaran Masih Banyak Tersedia

image

Semarang, 14/4 (BeritaJateng.net) – Lebaran Idul Fitri 2015 memang masih menghitung bulan. Namun, bagi masyarakat yang sudah merencanakan untuk mudik ke kampung halaman merayakan Lebaran dengan menggunakan moda transportasi kereta api, tiket mudik sudah dapat dibeli sekarang.

Sistem pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan yang diterapkan PT KAI memberi kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan. Untuk keberangkatan H-7 Lebaran yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2015 misalnya, masyarakat sudah dapat melakukan pembelian tiket pada tanggal 11 April 2015 pukul 00.00 WIB.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan moda transportasi KA untuk perjalanan mudik/balik Lebarannya, dapat melakukan pembelian tiket KA di semua channel penjualan tiket seperti Contact Center 121, tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan berbagai channel lainnya.

Masyarakat juga dapat melakukan pembelian tiket KA Lebaran dengan memanfaatkan fasilitas layanan pembelian tiket terbaru dari PT KAI, yaitu mesin e-kiosk yang soft-launching-nya telah dilakukan PT KAI pada 13 Maret 2015 lalu. Untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat pengguna jasa KA, khususnya menjelang masa angkutan Lebaran 2015 ini, PT KAI akan menyediakan masing-masing 2 unit mesin e-kiosk di Stasiun Gambir dan Bandung dan masing-masing 1 unit di Stasiun Bogor, Bekasi, Jatinegara, dan Manggarai.

Ke depan, PT KAI berencana akan menyediakan fasilitas mesin e-kiosk ini di seluruh stasiun besar.Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan tiket mudik dan balik Lebaran 2015, PT KAI menambah kapasitas angkut KA jarak jauh dan sedang dari 79.654 seat per hari tahun lalu menjadi 88.676 seat per hari pada tahun ini.“Ada penambahan sekitar 11% dari tahun lalu karena tahun ini ada tambahan KA-KA baru, seperti Jayabaya, Kamandaka, dan Malioboro Ekspres,” ungkap Direktur Komersial PT KAI, Bambang Eko Martono.

Menurutnya, angka tersebut hanya KA reguler, belum termasuk KA tambahan lebaran dan KA lokal.Sementara itu, untuk mengantisipasi tingginya traffic pembelian tiket pada Rail Ticketing System (RTS), beberapa persiapan telah dilakukan oleh PT KAI, diantaranya dengan melakukan penambahan bandwidth dari 80 Mbps menjadi 120 Mbps, meningkatkan kapasitas backend server ticketing sebesar 3 (tiga) kali lipat dibanding kapasitas tahun lalu, dan melakukan peningkatan security system.

“Dengan peningkatan fasilitas dari segi teknologi informasi (TI) ini diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian tiket KA,” ungkap EVP Information System PT KAI, Mukti Jauhari.

Selain itu, untuk memaksimalkan pelayanan pada Contact Center 121, PT KAI juga melakukan penambahan personil operator terutama pada waktu-waktu puncak pemesanan tiket (pk 00 s.d. 06.00 WIB) dari 10 orang menjadi 50 orang.

Kepada masyarakat yang telah berhasil melakukan pembelian tiket via channel eksternal, PT KAI mengimbau untuk segera melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun. “Hal ini untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan antrian panjang pencetakan tiket menjelang keberangkatan KA,” tambah Direktur Komersial PT KAI.(BJ05)