Tiga Paguyuban Perahu Wisata Terima Bantuan “Life Jacket”

KABUPATEN SEMARANG – Sebanyak tiga paguyuban pengelola perahu wisata di Rawa Pening, menerima bantuan 50 buah life jacket dari Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang.

Bupati Semarang melalui Sekretaris Dinas Perhubungan Djoko Nurjanto menegaskan, pentingnya menjamin keselamatan wisatawan yang berkunjung Rawa Pening. Terutama, bagi mereka yang menggunakan perahu wisata untuk menikmati keindahannya.

“Pascapandemi Covid-19, jumlah wisatawan yang berkunjung mulai meningkat. Diperlukan jaminan keselamatan dan kenyamanan mereka, agar mau kembali berkunjung,” ujarnya, pada penyerahan bantuan tersebut secara simbolis, di Pendapa DTW Bukit Cinta, Banyubiru, Rabu (25/10/2023) siang.

Selain itu, lanjutnya, para pengelola wisata perahu juga harus mengetahui standar pelayanan minimal pelayanan. Termasuk, penggunaan life jacket atau pelampung, bagi wisatawan maupun operator perahu wisata.

Kasi Prasarana dan Multimoda Dishub KabupatenSemarang Yusuf Premono menjelaskan, bantuan life jacket diberikan ke paguyuban perahu wisata Bukit Cinta Banyubiru, Kelompok Tani dan Nelayan Kampung Rawa Ambarawa, dan Kelompok Perahu Wisata Jembatan Biru Indah Sumurup, Bawen.

“Bantuan berasal dari APBD Kabupaten Semarang,” terangnya.

Disampaikan, terdapat sedikitnya 75 unit perahu wisata yang beroperasi di ketiga tempat wisata itu. Hampir seluruh operator perahu telah memiliki sertifikat kecakapan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan RI.

Yusuf menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada para operator untuk menjamin keselamatan wisatawan. Selain itu, juga telah ada jaminan asuransi bagi para operator maupun wisatawan.

“Kami berupaya sungguh-sungguh, agar mutu pelayanan wisata perahu di Rawa Pening semakin meningkat,” pungkasnya.(hms)

Leave a Reply