Home Headline Tiga Anak SD Pelaku Pelemparan KA Ditangkap

Tiga Anak SD Pelaku Pelemparan KA Ditangkap

Kaca gerbong kereta api pecah akibat dilempar batu.

Purwokerto, 1/7 (BeritaJateng.net) – Tiga anak yang masih di bawah umur, ditangkap petugas patroli pengamanan jalur kereta api (KA), karena melempari KA Sawunggalih hingga salah satu kaca gerbong pecah. Salah satu pelaku pelemparan KA tersebut, bahkan masih berusia 6 tahun dan dua lainnya masih duduk di Sekolah Dasar (SD).

Humas Daop V Purwokerto, Surono mengatakan, ketiga anak tersebut, yaitu AF(9), Ak (9) dan IZM (6) melempari KA Sawunggaling pagi jurusan Kutoarjo – Pasarsenen. KA tersebut dilempari batu saat melintas di Paguyangan, Kabupaten Brebes.

“Kejadiannya sekitar pukul 09.30 WIB, KA Sawunggalih yang dimasinisi oleh Hamami melintas, tepat di Km 322+3/4 antara Patuguran – Kretek, tepatnya di Desa Paguyangan, Brebes, KA tersebut dilempari batu. Salah satu kaca gerbong pecah, untungnya tidak ada penumpang yang sampai terluka,” kata Surono, Jum’at (1/7).

Kondektur KA Sawungglih, Haryanto langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Pengatur Perjalanan KA di Stasiun Bumiayu. Informasi tersebut disampaikan kepada petugas Pengamanan Jalur KA yang segera melakukan pemeriksaan di lokasi pelemparan batu.

Sesampai di lokasi pelemparan batu, petugas mendapati tiga anak tersebut masih berada di sekitar rel KA. Ketiganya langsung dibawa dan diserahkan ke Polsek Paguyangan untuk mendapatkan pembinaan.

“Pelakunya memang masih anak-anak, tetapi perbuatannya sudah menimbulkan kerusakan pada sarana KA dan membahayakan keselamatan penumpang, sehingga pelaku kita serahkan ke Polsek Paguyangan,” kata Surono.

Selama masa angkutan Lebaran, sejak Jumat (24/6) sudah terjadi lima kali aksi pelemparan batu pada lokasi yang berbeda-beda.Lokasi pelemparan antara lain di jalur Lebeng – Jeruklegi, Prembun-Kutowinangun, Meluwung- Cipari, Kroya, dan kejadian terakhir antara Patuguran-Kretek.

“Dengan tingginya intensitas pelemparan KA, kita akan semakin meningkatkan pengamanan di jalur KA. Kita sudah petakan lokasinya, pengamanan jalur akan semakin ditingkatkan, baik secara terbuka maupun tertutup,” kata Surono. (BJ33)