Home Nasional Tiap Tahun, 1000 Pasar Akan Direvitalisasi

Tiap Tahun, 1000 Pasar Akan Direvitalisasi

image
Presiden Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Manis Purwokerto, Selasa (30/6)

Purwokerto, 30/6 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Jokowi menganggarkan Rp 2,386 triliun untuk melakukan revitalisasi 1.000 pasar.  Dari APBN 2015 sudah dianggarkan Rp 1,075 Trilyun untuk revitalisasi 675 pasar tradisional. Dan dari APBNP 2015 akan dianggarkan Rp 1,3 triliun untuk revitalisasi 335 pasar tradisional.
           
“Jadi total tahun 2015 ini anggaran revitalisasi pasar ada Rp 2,386 Trilyun dan selanjutnya untuk tahun 2016, akan kita anggarkan lebih besar lagi,” kata Jokowi saat acara peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Manis di Purwokerto, Selasa (30/6).
           
Jokowi mengatakan, pemerintah berencana akan merevitalisasi 5.000 pasar, sehingga setiap tahunnya ada seribu pasar yang direvitalisasi. Program ini harus dilaksanakan, mengingat kondisi pasar tradisonal sudah sangat memprihatinkan. Rata-rata usia bangunan pasar tradisional sudah puluhan tahun, kondisinya becek dan tidak ada lahan parkir yang layak. Sehingga kalah bersaing dengan pasar modern.
           
“Pasar modern saat ini sudah merambah seluruh daerah, bahkan sampai ke tingkat kecamatan. Sehingga kita berkewajiban untuk memperkuat pasar tradisional. Karena kondisi pasar tradisional selau becek, bau dan tidak ada AC, otomatis kalah bersaing dengan pasar modern,” katanya.
           
Jokowi juga meminta agar pemkab setempat membantu pedagang untuk memperbaiki manajemen mereka. Misalnya, pedagang diminta untuk membuat pembukuan, menulis pemasukan dan pengeluaran secara teratur. Pemkab juga diminta untuk memberikan ijin usaha bagi pedagang kecil secara gratis dan jemput bola. (BJ33)