Home Ekbis Terpuruknya Nilai Tukar Rupiah Berdampak Pada Sektor Properti Jateng

Terpuruknya Nilai Tukar Rupiah Berdampak Pada Sektor Properti Jateng

IMG-20150605-WA0022

Semarang, 5/6 (BeritaJateng.net) – DPD REI Jateng menyatakan sektor properti kembali terimbas karena nilai tukar rupiah yang terpuruh terhadap dolar AS.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Bidang Promosi Humas dan Publikasi DPD Real Estate Indonesia (REI) Jateng Dibya Hidayat saat membuka REI Expo kelima di Java Mall mulai 5-16 Juni 2015.

“Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sekarang ini mencapai Rp13.350 dan merupakan rekor tertinggi di awal kuartal kedua tahun ini. Akibatnya, sejumlah sektor perekonomian di Tanah Air menjadi bergolak, tidak terkecuali sektor property.

Menurut Dibya, saat perekonomian dalam negeri mulai pulih, dihantam lagi dengan terpuruknya rupiah terhadap dolar AS. Risikonya, bahan bangunan yang dibeli menggunakan dolar AS mendongkrak harga jual rumah. Sehingga menjadikan daya beli masyarakat akan rumah menurun.

Meskipun demikian, lanjut Dibya, pihaknya berharap dengan menggelar REI Expo kelima ini, bisa meningkatkan pasar penjualan rumah di Jawa Tengah. Sebab dengan 30 developer yang mengikuti pameran harapannya target penjualan rumah bisa mencapai 70 unit. (Bj23)