Home Headline Terpilih Jadi Ketua KNPI Kab Semarang, Bagus Ingin KNPI Jadi Rumah Besar...

Terpilih Jadi Ketua KNPI Kab Semarang, Bagus Ingin KNPI Jadi Rumah Besar Pergerakan Kepemudaan

Bagus Suryokusumo (kanan) menerima Pataka dari Pengurus KNPI Jateng Lukman Hakim

Dia berharap Pemkab Semarang membuat Perda Kepemudaan.

SEMARANG, 11/4 (Beritajateng.net) – Tokoh muda Bagus Suryokusumo terpilih aklamasi sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Semarang periode 2021-2024. Bagus terpilih dalam Musda ke-6 KNPI Kabupaten Semarang yang diadakan di pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Jumat (14/4/2021).

Dalam proses pemilihan, Bagus terpilih secara aklamasi setelah calon lainnya, Yogi Pratama dari OKP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mampu melengkapi persyaratan sebagai calon ketua KNPI.

Dalam perbincangan dengan Beritajateng, Bagus Suryokusumo mengajak seluruh OKP bersatu, bergandeng tangan bersama-sama menjadikan KNPI sebagai rumah besar pergerakan kepemudaan.

Salah satu target selama kepengurusannya, ia berharap Pemkab Semarang membuat Perda Kepemudaan. Hal ini dirasa perlu karena jumlah OKP di Kabupaten Semarang cukup banyak dan memiliki potensi besar berperan dalam pembangunan daerah.

“Perda kemudaaan kita perlukan untuk mengelola OKP-OKP yang ada di Kabupaten Semarang. Saat ini yang tergabung dalam KNPI ada 29 OKP, belum lagi saat ini sudah ada OKP-OKP lain yang mengantre akan bergabung,” ujarnya.

Menurut Bagus, dengan adanya Perda Kepemudaan, laju roda pergerakan kepemudaan dapat berjalan sesuai harapan. Tingkat partisipasi dan pemberdayaan pemuda dapat tercapai maksimal.

“Saya kembalikan warwah KNPI. Sebelumnya seakan-akan sebagai event organizer Pemkab. Dengan kepengurusan baru kita semua harus memahami kebutuhan organisasi kepemudaan ini. Kita bersama-sama mengusulkan dibetuknya Perda Kepemudaan,” tandasnya.

Sementara itu, visi misi yang ingin dicapai sebagai Ketua KNPI, Bagus menjabarkan 5 poin yang akan dijadikan program kerja selama kepemimpinannya. Di dalamnya disebutkan ada 10 program unggulan yang dijadikan dasar kerja bersama.

Disebutkan, di antara kelima poin visi misi, pertama, menjalankan organisasi secara transparan akuntabel. Mendorong pemuda dan pemudi OKP tumbuh menjadi entitas kepemudaan baru dalam melayani masyarakat secara umum.

“Selanjutnya, program restrukturisasi, revitalisasi dan modernisasi organisasi. KNPI Kabupaten Semarang paham dan memiliki kesadaran bahwa secara kelembagaan KNPI harus mengambil peran sebagai Rumah Besar gerakan pemuda yang tanggap akan tuntutan zaman,” tegasnya.

Ketiga, mengembangkan jaringan internal organisasi dengan membentuk kepengurusan di kecamatan. Keberadaannya harus difasilitasi dan diberikan wadah untuk berkarya bersama.

“Pembentukan kepengurusan di Kecamatan menjadi salah satu prioritas utama. Kita dapat mengakomodir aspirasi dari tingkat bawah untuk menentukan kerangka berfikir dan menjadikan program kerja,” jelasnya.

Selain itu, Bagus memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi setiap pemuda dan pemudi dan OKP di Kabupaten Semarang untuk bergabung, berjuang, dan berkarya bersama dalam koridor rumah besar KNPI.

“Menerima setiap bakat minat dan kemampuan setiap individu untuk ditetapkan dalam keorganisasian, menjadikan KNPI kaya akan kader sesuai keahliannya,” tandasnya.

Terakhir, Bagus menyebutkan, KNPI proaktif dan solutif dalam program kerja berkesinambungan menampung aspirasi masyarakat dan organisasi. Selain itu, proaktif bekerjasama dengan pemerintah maupun pihak ketiga dalam rangka berpartisipasi untuk kesejahteraan masyarakat.

(NK)