Home Lintas Jateng Terminal Tirtonadi Sediakan Jalur Khusus Bus

Terminal Tirtonadi Sediakan Jalur Khusus Bus

terminal Tirtonadi-1

SOLO, 5/7 (BeritaJateng.net) – Meski pembangunan Terimal Tirtonadi belum rampung seluruhnya, namun kondisi terminal masih bisa digunakan untuk menerima kedatangan arnada bus selama arus musik dan balik Lebaran tahun ini. 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Yosca Herman Soedrajat juga menegaskan sebagai bentuk antisipasi kedatangan armada bus yang mengangkut para pemudik dari berbagai daerah yang ada Terminal Tirtonadi sudah menyiapkan pembangunan jalur bus priority.

Nantinya di Terminal Tirtonadi akan disiapkan  jalur khusus (bus priority) bagi bus-bus yang akan masuk ke terminal harus melewati  jalur khusus bus untuk menghindari terjadinya kemacetan panjang. 

“Jadi saat bus penuh dan terjadi penumpukan, dengan adanya jalur bus priority maka  penumpukan bus tidak akan menyebabkan kemacetan di badan jalan. Dimana bisa menampung 10 bus yang datang sekaligus karena panjangnya mencapai 500 meter,” ungkap Yosca saat meninjau  saat melihat kesiapan terminal Tirtonadi. 

Pihaknya juga sudah meminta saat H-7 pembangunan terminal harus dihentikan agar tidak menganggu kenyamanan para pemudik. Akibat debu yang banyak berterbangan selama proses pembangunan. 

“Jika sudah selesai (jalur priority) maka semua bus yang masuk ke Terminal Tirtonadi harus lewat jalur tersebut,” ungkap Yosca. 

Berdasarkan data tahun sebelumnya dari Dishubkominfo Solo, bus ekstra yang masuk ke Terminal Tirtonadi ada  1.379 bus yang mengangkut  24.555 penumpang. 

Untuk bus cadangan yang berangkat dari terminal Tirtonadi ada 147 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 4.940 orang. (BJ24)