Home Lintas Jateng Terminal Harus Sediakan Lokasi Istirahat Bagi Supir Bus Angkutan Umum

Terminal Harus Sediakan Lokasi Istirahat Bagi Supir Bus Angkutan Umum

SOLO, 3/6 (BeritaJateng.net) – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soeryanto Tjahyono menekankan perlunya menyediakan ruang khusus istirahat bagi para sopir bus agar bisa beristirahat maksimal  sambil menunggu keberangkatan berikutnya.

Pasalnya kondisi pengendara yang kurang istirahat bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Bahkan sekitar 80 persen kecelakaan  dikarenakan pengemudi lelah fisiknya. Padahal kondisi tubuh yang prima karena istirahat cukup bisa menekan angka kecelakaan.

Kondisi yang kurang prima bisa menganggu konsentrasi pengemudi saat membawa kendaraan. Terutama saat mudik lebaran banyak sekali yang memaksakan diri agar cepat sampai tujuan.

“Pengemudi bisa berkonsentrasi selama jam istirahatnya terpenuhi,” paparnya di Solo Jawa Tengah Kamis, (2/5/2016) kemarin.

Selama ini pihaknya melihat lokasi istirahat bagi para pengemudi bus sangat kurang memadai. Setiap sidak di terminal banyak sopir angkutan lebaran khususnya tidur dan beristirahat di tempat seadanya. Kadang di bangku sopir, di kursi tunggu penumpang tak jarang juga mereka tidur di dalam bagasi bus mereka.

“Kualitas istirahat sangat menentukan bagi stamina sopir itu sendiri. Ingatlah keselamatan adalha hal yang utama,” himbau Soeryanto Tjahyono.

Yang terpenting pesan Soeryanto Tjahyono, kepada pengemudi bus agar lebih hati-hati saat membawa penumpang. Jangan terlalu memaksakan diri, jika merasa lelah lebih baik istirahat dulu, dan pastinya penumpang juga bisa menyadarinya. (Bj24)