Home Headline Terlibat Penipuan CPNS, Mantan Aggota DPRD Pekalongan Ditahan

Terlibat Penipuan CPNS, Mantan Aggota DPRD Pekalongan Ditahan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Pekalongan, 28/1 (Beritajateng.net) – Kepolisian Resor Pekalongan, Jawa Tengah, menahan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pekalongan karena diduga terlibat kasus penipuan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Kepala Polres Pekalongan, AKBP Indra Krismayadi di Pekalongan, Rabu, mengatakan polisi menangkap mantan anggota DPRD, Unggul Satria (47) karena adanya laporan masyarakat yang merasa ditipu dalam kasus penerimaan CPNS.

“Mantan anggota DPRD tersebut ditangkap polisi atas laporan para korban dengan kasus penerimaan CPNS. Saat ini, Unggul Satria kami tahan di mapolres,” katanya.

Ia yang didampingi Kepala Sub bagian Humas, AKP Tri Harjani mengatakan mantan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu ditangkap polisi karena menjanjikan bisa diterima sebagai CPNS dengan imbalan sejumah uang.

“Akibat perbuatannya, mantan anggota DPRD itu dapat dikenai pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” katanya.

Tersangka, Unggul Satria, mengatakan uang dari hasil kejahatannya digunakan untuk modal pencalonan pemilihan kepala Desa Gebangkerep, Kecamatan Sragi pada 2013.

Pada aksi penipuan CPNS itu, tersangka mendapatkan uang senilai Rp8 juta dan sertifikat tanah milik warga yang dijadikan jaminan bank senilai Rp27 juta serta menipu warga lain sekitar Rp12 juta.(ant/bj02)

Advertisements