Home Headline Terlibat Korupsi Mantan Kabid Bina Marga DPU Wonosobo Ditahan

Terlibat Korupsi Mantan Kabid Bina Marga DPU Wonosobo Ditahan

Ilustrasi

Semarang, 15/4 (Beritajateng.net)
Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menahan tersangka Tejo Sudewo, warga Perumahan Puri Candi Bugang C.16, RT 3 RW 5, Desa Kalierang, Kecamatan Selomerto, Wonosobo.

Ia ditahan di LP Kedungpane atas kasus dugaan korupsi sembilan proyek peningkatan jalan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonosobo. Pada sembilan proyek Tejo selaku pejabat pembuat komitmen (PPKom).

Kajati Jawa Tengah melalui Assisten Intelijen,Jacob Hendrik P mengatakan proyek pekerjaan berupa peningkatan jalan di Wonosobo tersebut menggunakan sumber anggaran dari dana APBD Provinsi Jawa Tengah pada Tahun anggaran 2011 dan 2012.

“Total pagu anggaran dari sembilan paket pekerjaan itu senilai Rp 10,15 miliar. Sedangkan tersangka yang merupakan PPKom yang kita tahan adalah Tejo Sudewo,” kata Hendrik usai penahanan.

Dijelaskan penahanan, setelah melakukan pelimpahan tahap II terhadap berkas dan tersangka kasus dugaan korupsi sembilan paket pekerjaan dari Kejari Wonosobo ke Kejati Jawa Tengah. Atas pelimpahan tersebut, penuntutan di persidangan nantinya ditangani oleh Jaksa Kejati Jawa Tengah.

Pada kasus ini, tersangka turut bersama melakukan korupsi dengan delapan pelaksana pekerjaan (kontraktor) yang sudah menjalani persidangan.

Modus tersangka dalam melakukan korupsi yaitu dengan cara mengurangi volume asphalt treated base (ATB) dan hot rolled sheet (HRS) yang tidak sesuai dengan perjanjian kontrak pada peningkatan sembilan paket jalan.

“Kerugian negara sebesar Rp 1,53 miliar, sesuai hasil audit kerugian negara oleh BPKP Jateng,” jelasnya.

Kasi Penkum Kejati Jawa Tengah, Eko Suwarni menambahkan kasus ini ditangani Dit Reskrimsus Polda Jateng. Kemudian berkas perkara bersama tersangka, dan berang bukti dilimpahkan ke Kejati Jateng.

“Jadi kasus ini ditangani Polda Jateng. Ini hanya pelimpahan tersangka dan barang bukti,”tuturnya.

Eko menambahkan pada sembilan paket pekerjaan yang dikerjakan yaitu Jalan Krinjing-Lumajang-Punganggan Kecamatan Watumalang, Jalan Randusari batas Kabupaten Kecamatan Kepil, Jalan Besuki-Gumelar Kecamatan Wadaslintang, Jalan Medono-Gumelar Kecamatan Wadaslintang.

“Penahanan terhadap tersangka Tejo untuk masa 20 hari ke depan. Selanjutnya, jaksa Kejati Jawa Tengah akan segera menyusun berkas dakwaannya sebelum dilimpahkan ke Pengadilan,”tandasnya.(BJ04)