Home Headline Terendam Banjir Cukup Lama, Warga Bandarharjo Mulai Diserang Penyakit

Terendam Banjir Cukup Lama, Warga Bandarharjo Mulai Diserang Penyakit

Rumah Warga Selalu Tergenang

Semarang 17,01 (Beritajateng.net) – Arni, wargaRT 6 RW 1 , Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, mengeluhkan kondisi di tempatnya tinggal. Banjir ROB yang selalu saja menggenang,namun kali ini menjadi semakin parah, karena datangnya hujan. Biasanya air ROB hanya merendam bagian depan rumahnya, tetapi kali ini sudah 4 bulan, air ROB yang ditambah dengan air hujan, membuat rumahnya terendam, baik di luar rumah ataupun di dalam rumah.

Kawasan Bandarharjo Masih Tergenang
Kawasan Bandarharjo Masih Tergenang

Kondisi yang dialami oleh Arni, juga dialami oleh sebagaian besar warga Bandarharjo ini. Seperti yang dialami Nurhayati, yang tinggal tidak jauh dari rumah Arni. Kondisi di dalam rumah Nurhayati, juga penuh oleh air. Bila hanya banjir rob, air akan hilang dengan cepat, namun ketika ditambah dengan air hujan, banjir yang menggenang akan lebih lama hilangnya.”Kalau hanya ROB cepet mas hilangnya, la ini kan campur dengan air hujan, jadi lama surutnya,” kata Nurhayati.
Banjir juga membuat sejumlah warga mengalami sakit gatal gatal dan Diare. Awalnya mereka mengalami kembung yang disebabkan masuk angin karena harus berbasah basahan walau di dalam rumah. Lama kelamaan mereka akan mengalami diare, muntaber dan penyakit kulit.”Saya awalnya sakit perut karena kembung, sekarang malah seperti diare dan belum lagi sakit kulit yang menyebabkan kulit gatal gatal,” ungkap Nurhayati lagi.(BJ/NG)

Advertisements