Home Lintas Jateng Tentara Bantu Pembangunan Sarana Air Bersih di Tambakselo Grobogan

Tentara Bantu Pembangunan Sarana Air Bersih di Tambakselo Grobogan

356
Tentara Bantu Pembangunan Sarana Air Bersih di Tambakselo Grobogan

Grobogan, 29/7 (BeritaJateng.net) – Infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan wilayah. Dilihat dari sisi fungsinya, infrastruktur memiliki peran penting terhadap perubahan kemakmuran wilayah dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi sebagai kebutuhan mutlak kehidupan. Namun keberadaannya di beberapa wilayah masih terkendala pada keterbatasan ketersediaan sarana dan jangkauan pelayanan.

Terkait hal itu sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah ketersediaan air bersih Satgas TMMD Reguler ke -108 Kodim 0717/Purwodadi di Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah bersama warga terus berupaya menyempurnakan pipanisasi air, Selasa (28/7/2020).

”Kita sempurnakan dan lanjutkan pipanisasi, termasuk pemasangan pipa lanjutan. Tujuannya air bisa mengalir ke rumah-rumah warga, sebelum TNI meninggalkan Tambakselo, bersamaan dengan berakhirnya TMMD,” jelas Babinsa Tambakselo, Serda Suparman.

Diketahui, di sela-sela melaksanakan sejumlah proyek fisik TMMD, sejumlah anggota Satgas TMMD menyempatkan diri untuk mencari sumber air dikarenakan masih banyak warga desa yang selalu kesulitan air disaat musim kemarau. Hingga akhirnya ditemukan sumber air yang cukup, dan diperkirakan akan bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga.

Kapendam IV/Diponegoro Letkol kav Susanto, S.I.P., M.A.P. mengungkapkan bahwa di sisa waktu pelaksanaan TMMD ini Satgas dibantu warga terus berupaya mempercepat pekerjaan pemasangan pipanisasi sekaligus membangun bak penampungan agar air dengan mudah bisa disuplai ke pemukiman warga. Dengan begitu diharapkan jaringan pipa ini akan bisa memberikan support penyediaan air bersih.

Dirinya berharap dengan teralisasinya pembangunan sarana air bersih di Desa Tambakselo ini, masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Selain kegiatan-kegiatan kemiliteran, TNI juga bertugas untuk menyukseskan pelaksanaan program pemerintah dalam mewujudkan kemakmuran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya yaitu melalui pembangunan infrastruktur air bersih ini,” ungkap Kapendam.

Ditambahkan bahwa manfaat Program TMMD sangat besar bagi masyarakat setempat.

“Semoga dengan pembangunan sarana pipanisasi air bersih ini bisa segera digunakan untuk kebutuhan rumah tangga,” pungkas Kapendam. (El)