Home Hukum dan Kriminal Tekan Kecelakaan, Polres Karanganyar Gelar Tes Urine Pengemudi Bus

Tekan Kecelakaan, Polres Karanganyar Gelar Tes Urine Pengemudi Bus

816
Kapolres Karanganyar sidak tes urine pengemudi angkutan umum di terminal.

Karanganyar, 27/6 (BeritaJateng.net) – Mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan raya, Kepolisian resor (Polres) Karanganyar bersama Dishubkominfo Karanganyar menggelar tes urin bagi pengemudi angkutan umum, baik antar kota antar provinsi (AKAP) maupun pengemudi antar kota dalam provinsi (AKDP).

Selain melakukan pemeriksaan tes urine, kelengkapan berkendara. Pemeriksaan tersebut dilakukan di terminal Tegalgede, Bejen Karanganyar, Senin (27/6/2016) siang.

Setiap bus yang masuk terminal pengemudinya diminta turun untuk melakukan pemeriksaan urine dengan menggunakan test pack apakah hasilnya negatif atau positif menggunakan narkoba. Sebanyak 25 pengemudi dinyatakan negatif dari narkoba.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Syafri Simanjuntak, mengungkapkan antisipasi peredaran narkoba dikalangan pengemudi angkutan lebaran.

“Hasilnya pengemudi angkutan umum di Karanganyar tidak ada yang menggunakan narkoba,” jelasnya di Karanganyar Jawa Tengah, Senin (27/6/2016).

Tes urine sendiri ungkap Kapolres juga sebagai upaya memberikan pemahaman kepada sopir tentang tertib berlalu lintas. Seandainya ada yang positif menggunakan narkoba akan berkoordinasi dengan managemen perusahaan angkutan untuk melarang pengemudinya membawa kendaraan dan mengangkut penumpang.

“Kita akan minta perusahaan mengganti sopir yang positif menggunakan narkoba,” pungkasnya. (Bj24).

Advertisements