Home Lintas Jateng Tekan Angka Kemiskinan, Pemkot Semarang Launching Program ‘Gerbang Hebat’ dan KIM

Tekan Angka Kemiskinan, Pemkot Semarang Launching Program ‘Gerbang Hebat’ dan KIM

Walikota dan wakil walikota Semarang melaunching program Gerbang Hebat dan Kartu Identitas Miskin (KIM).

Semarang, 20/4 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang secara resmi meluncurkan program penanggulangan kemiskinan dan pengangguran “Gerbang Hebat” dan mendistribusikan Kartu Identitas Miskin (KIM) sebanyak 114.939 kartu kepada warga miskin di kota Semarang, Rabu (20/4).

Gerakan bersama penanggulangan kemiskinan dan pengangguran melalui harmonisasi ekonomi, edukasi, ekosistem bersama masyarakat atau disingkat Gerbang Hebat dan distribusi KIM dilaunching oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Kelurahan Tawangmas, Semarang Barat.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, tujuan dari kegiatan distribusi Kartu Identitas Miskin (KIM) yakni memberi identitas warga miskin sebagai bentuk usaha dalam mempermudah pemberian akses warga miskin yang akan memperoleh pelayanan dasar, fasilitas dan program penanggulangan kemiskinan dari Pemkot Semarang.

“Setiap tahunnya Pemkot selalu mendata dan melakukan sensus warga miskin. Terhitung sebanyak 114.939 KK atau 367.848 jiwa akan menerima Kartu ini,” ujar Hendi.

Menurutnya, dari data sensus tersebut, jika diprosentase warga miskin kota Semarang sebanyak 20,82%. “Mereka benar-benar perlu perhatian serius dari Pemkot Semarang,” ungkap Hendi–sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Ia mengatakan, dalam kurun waktu lima tahun ke depan, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran dilaksanakan dalam empat klaster yakni pengentasan kemiskinan berbasis bantuan sosial, pengentasan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, pengentasan kemiskinan dengan memfasilitasi UMKM dan Mikro serta pengentasan kemiskinan dengan perluasan program pro rakyat.

Wakil walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan Kartu Identitas Miskin (KIM) kepada perwakilan warga miskin dari 16 kecamatan di kota Semarang
Wakil walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan Kartu Identitas Miskin (KIM) kepada perwakilan warga miskin dari 16 kecamatan di kota Semarang

“Kalau yang masuk kategori sosial ya seperti orang tua tidak mampu, kita akan bantu dengan klaster sosial seperti bantuan bedah rumah, raskin, sembako dan pengobatan dll.¬†Lain lagi, untuk kategori warga miskin namun diusia produktif, akan kita arahkan selain bantuan sosial juga pelatihan keterampilan dan lain sebagainya,” tutur Hendi.

Sementara itu, Kepala Bapeda Kota Semarang, Bambang Haryono menyampaikan, peluncuran program Gerbang Hebat dan penyerahan KIM secara simbolis diberikan kepada perwakilan warga dari 16 kecamatan warga miskin di kota Semarang.

Sebanyak 114.939 KK atau 367.848 jiwa warga miskin penerima KIM terdiri terdiri dari tiga kategori yakni warga sangat miskin ada 39 KK atau 105 jiwa, kategori miskin ada 17.336 KK atau 54.485 jiwa dan hampir miskin 97.564 KK atau 313.258 jiwa.

“Output dari kegiatan verifikasi dan identifikasi warga miskin adalah tersedianya database warga miskin kota Semarang yang valid, akurat, tepat sasaran dan obyektif. Database tersebut nantinya sebagai acuan perencanaan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan dan acuan strategi penanggulangan kemiskinan di kota Semarang,” imbuh Bambang. (Bj05)