Home Headline Target 271 Posyantekdes di Blora Tahun ini Gagal Terbentuk karena Pandemi

Target 271 Posyantekdes di Blora Tahun ini Gagal Terbentuk karena Pandemi

Petugas TA-TTG Kemendes Kabupaten Blora Hastati.

BLORA, 14/9 (BeritaJateng.net) – Program Kementrian Desa (Kemendes) membentuk pos pelayanan teknologi desa (Posyantekdes), melalui Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA-TTG) yang ditargetkan tahun ini selesai gagal.

Menurut petugas TA-TTG Kemendes Kabupaten Blora Hastati, gagalnya pembentukan posyantekdes di 271 desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini, lantaran sebagian desa belum bisa menganggarkan melalui dana desa, karena kena refokusing covid 19.

“Posyantekdes di Kabupaten Blora target kita tahun ini sebenarnya terbentuk di semua desa, 271 desa, tapi karena ada pandemi sehingga ada beberapa desa melakukan refokusing. Sehingga tahun anggaran ini, itu sebanyak 7 Kecamatan sekitar 102 desa yang membentuk Posyantekdes,” kata Hastati, Selasa, (14/9/2021).

Setelah terbentuknya posyantekdes, di 102 desa di 7 Kecamatan, lanjut Hastati, pihaknya akan melakukan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas sebagai pengurus, sehingga pengurus nantinya tahu tupoksinya selaku pengurus Posyantekdes.

“Ini nanti kita akan melakukan pelatihan di Kecamatan Sambong, karena 10 desa sudah terbentuk semuanya. Pelaksanaanya kita bertahap karena kita tetap mematuhi Protokol kesehatan, untuk menghindari kerumunan,” imbuhnya.

Harapanya setelah nanti selesai pelatihan, pengurus Posyantekdes ini bisa langsung eksen, program kerja terkait pemanfaatan TTG khususnya, yang dibutuhkan masyarakat.

“Harapan kami nanti potensi desa ini betul betul tergali dengan baik, karena di pelatihan, banyak materi yang kami sampaikan, mulai cara mengenal potensi desa, menggali potensi desa, kemudian itu diwujudkan dengan membuat program kerja,” jelasnya.

Semoga Posyantekdes ini bukan hanya sekedar lembaga, bukan hanya sekedar nama, tapi betu betul bisa memberikan manfaat untuk masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perlu diketahui tujuh Kecamatan yang sudah terbentuk antara lain Kecamatan Sambong, Blora Kota, Kradenan, Tunjungan, Japah, Todanan dan Kunduran. (Her/El)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =