Home Ekbis Tangkapan Ikan Nelayan Babel 190 Ribu Ton

Tangkapan Ikan Nelayan Babel 190 Ribu Ton

Ilustrasi

tangkapan iklan nelayan

Pangkalpinang, 7/1 (BeritaJateng.net) – Hasil tangkapan ikan nelayan tradisional di Provinsi Bangka Belitung pada 2014 mencapai 190 ribu ton atau mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya sebanyak 170 ton.

“Pada 2015 target tangkapan nelayan tradisional ditingkatkan atau sebanyak 220 ribu ton seiring peningkatan pembinaan dan bantuan alat tangkap kepada nelayan tradisional,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Syaifuddin di Pangkalpinang, Rabu.

Untuk mencapai target tangkapan ikan nelayan tahun ini, kata dia, pihaknya akan menyalurkan berbagai bantuan alat tangkap seperti kapal, jaring, bubu, dan sarana pendukung lainnya.

“Kami telah mengajukan anggaran bantuan alat tangkap nelayan kepada DPRD Babel sekitar Rp9,1 miliar dan mudah-mudahan anggaran tersebut disetujui, sehingga potensi perikanan yang ada dapat digali secara maksimal,” ujarnya.

Ia mengatakan, potensi perikanan tangkap di Bangka Belitung mencapai sekitar 590.000 ton per tahun dan baru diproduksi sekitar 190 ribu hingga 200 ribu ton per tahun.

“Selama ini, potensi perikanan belum tergali dengan maksimal, karena alat tangkap nelayan yang masih tradisional,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, hasil tangkapan nelayan ini diolah di industri pengolahan, dikonsumsi dan sisanya diekspor ke berbagai negara tujuan ekspor seperti Singapura, China, Korea, Jepang dan lainnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya berbagai bantuan alat tangkap ikan yang lebih moderen dan kapal berukuran besar, dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan,” ujarnya. (ant/BJ)

Advertisements