Home Lintas Jateng Tanah Amblas, Tiga Rumah di Jenawi Rata dengan Tanah

Tanah Amblas, Tiga Rumah di Jenawi Rata dengan Tanah

Lokasi longsor

Karanganyar, 23/3 (BeritaJateng.net) – Retaknya tanah di wilayah dusun Jambon, desa Menjing kembali terjadi hari Minggu (22/3/2015) siang kemarin. Setelah diguyur hujan selama dua hari mulai Sabtu sampai Minggu pagi, tanah di lokasi tersebut amblas dan merobohkan tiga rumah milik warga.

Kepala BPBD Karanganyar, Nugroho membenarkan telah terjadi retakan tanah kembali di desa Jambon yang mengakibatkan tiga rumah rata dengan tanah.

“Kejadiannya hari Minggu kemarin, terjadi retakan kembali. Karena sampai hari minggu malam, gerakan tanah masih terasa warga harus mengungsi dan saat ini berada di balai desa Menjing,” jelasnya kepada beritajateng.net Senin (23/3/2015).

Menurut Nugroho ada sekitar, 254 jiwa yang harus mengungsi. Mereka tersebar di dua lokasi. Yakni di Balai Desa Menjing dan sebagian mengundsi di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jenawi yang tak jauh dari lokasi

Tiga bangunan rumah warga yang roboh adalah bagunan yang sebelumnya sudah mengalami retak dan amblas, namun belum begitu berbahaya. Sehingga mereka tetap bertahan. Bahkan saat itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sempat mengunjungi lokasi tersebut.

“Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya kerugian materiil saja. Saat ini tim BPBD, sedang berada di lokasi untuk memantau keadaan,” jelasnya lagi.

“Rekan-rekan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan relawan berada di lokasi,” jelasnya.

Masyarakat diminta tenang dan jangan lembali ke rumah sebelum konsisi benar-benar aman terkendali. Saat ini pemerintah Kabupaten Karanganyar sedang mempersiapkan lokasi relokasi bagi warga yang tempat tinggalnya rawan tanah retak dan longsor. (BJ24)