Home Headline Tamsil Kena OTT KPK, Diduga Terkait Suap Pengisian Jabatan

Tamsil Kena OTT KPK, Diduga Terkait Suap Pengisian Jabatan

SEMARANG, 26/7 (Beritajateng.net) – Bupati Kudus HM Tamsil Jumat (26/7) siang tadi dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tamsil terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) diduga terkait suap pengisian jabatan di Pemkab Kudus.
Selain Tamsil juga ditangkap 8 orang yang antara lain terdiri dari staf dan ajudan bupati, serta calon kepala dinas setempat. Selain mengamankan total 9 orang, KPK juga menyita sejumlah uang yang diduga akan digunakan untuk suap tersebut.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat dihubungi wartawan membenarkan adanya penangkapan terhadap Bupati Kudus M Tamsil dan 8 orag lainnya. Namun demikian Basaria belum bisa memberikan penjelasan secara terperinci mengingat petugas penyidik masih berada di lapangan.

“Benar ada kegiatan tangkap tangan di Kudus. Ada 9 orang yang diamankan beserta barang bukti sejumlah uang. Informasi lengkapnya besok akan dilakukan jumpa pers,” ungkapnya.

Penangkapan ini dilakukan setelah KPK menerima informasi akan dilakukannya transaksi suap di Kabupaten Kudus. Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan, dan penangkapan terhadap orang-orang yang diduga terlibat.

”Dan setelah dilakukan pengecekan di lapangan terhadap bukti-bukti awal, sehingga KPK segera melakukan tindakan cepat,” katanya.

KPK punya waktu 24 jam untuk menentukan status perkara dan status hukum pihak-pihak yang diamankan. Usai mengamankan sembilan orang tersebut, petugas penyidik dari KPK juga melakukan penggeledahan di Ruang Kerja Sekda, Ruang StafKhusus, Rumah Dinas Sekda dan Rumah Dinas Bupati Kudus.

(NK)