Home Lintas Jateng Talud Jalan Longsor, Dua Rumah Di Semarang Barat Terisolasi  

Talud Jalan Longsor, Dua Rumah Di Semarang Barat Terisolasi  

Talud Jalan Longsor, Dua Rumah Di Semarang Barat Terisolasi  
         Semarang, 30/1 (BeritaJateng.net) – Talud sepanjang lebih kurang 9 meter dan tinggi 5 meter di Jalan Sri Rejeki Dalam, Kelurahan Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat longsor.
         Akibatnya selain merusak akses jalan warga, juga mengakibatkan rumah milik Sujiman mengantung dan terancam roboh. Bahkan akses jalan yang rusak dan tidak bisa dilewati membuat dua rumah warga terisolasi.
         Sujiman pemilik rumah mengatakan, peristiwa longsor terjadi pada Selasa (30/1) dini hari tadi sekira pukul 01.00 WIB. Talud sepanjang 9 meter longsor dan menimpa rumah dibawahnya meski tidak merusak bangunan dan hanya kaca jendela.
          “Kejadian Selasa (30/1) dini hari tadi sekitar pukul 01.00. Ada suara gemuruh, saya kira yang terkena longsor bagian belakang rumah, saat keluar ternyata depan rumah kemudian di ikuti pondasi rumah,” ujarnya.
         Menurut Sujiman, longsor diduga diakibatkan hewan tikus yang membuat lubang-lubang di bawah jalan, sehingga membuat kontur tanah tidak kuat.
Talud Jalan Longsor, Dua Rumah Di Semarang Barat Terisolasi

“Saya memperkirakan longsoran ini diakibatkan hewan tikus yang membuat lubang di bawah jalan kampung, sehingga aliran air yang seharusnya lancar melalui saluran air menjadi masuk ketanah,“ tegasnya.

          Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah rumah sujiman di sangga dengan bambu. Warga dibantu Anggota TNI dan Polri melakukan pembersihan material yang menimpa rumah warga, dan selanjutnya akan ditutup terpal untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan. (Nh/El)