Home Lintas Jateng Takut Tercemar, Warga Tolak Lokasi Penimbunan Batubara

Takut Tercemar, Warga Tolak Lokasi Penimbunan Batubara

image

SUKOHARJO,1/4 (Beritajateng.net) – Keberadaan batubara ilegal yang ditemukan di desa Parangjoro Kecamatan Grogol Sukoharjo membuat warga yang berada di sekitar lokasi merasa keberatan. Sebab dikhawatirkan bisa menganggu kesehatan warga sekitar juga mencemari lingkungan.

Suradi, warga sekitar lokasi menyebutkan jika batubara itu berada di lahan kosong yang ada di dekat persawahan dukuh Menur RT 2/6 desa Parangjoro, Kecamatan Grogol Sukoharjo. Jaraknya hanya beberapa meter dari pemukiman warga dan kabarnya juga tidak memiliki ijin.”Lokasinya sangat dekat pemukiman dan hanya ditutup dengan menggunakan pagar melingkar saja,” terangnya di Sukoharjo Jawa Tengah, Rabu (1/4/2015). 

Salah satu petugas jaga yang berada di lokasi dan enggan di sebut namanya menjelaskan jika lahan tersebut hanya dijadikan lokasi transit dan hanya sementara saja. Kabarnya batubara tersebut dikirim dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang.”Kita hanya pekerja dan tidak tahu siapa pemiliknya. Batubara ini akan didisribusikan untuk pabrik di wilayah Sukoharjo dan sekitarnya,” terangnya. 

Rahman, petugas Badan Lingkungan Hidup Sukoharjo yang meneliti batubara menyebutkan itu adalah  jenis bahan yang berbahaya dan beracun terlebih lagi jika sudah menjadi limbah. Bila batubaranya terkena panas matahari langsung dalam waktu lama bisa terbakar.Sampai saat ini pihaknya belum mengetahui siapa pihak yang memiliki dan juga pemasok batubara tersebut. Bahkan dari pihak desa sendiri juga belum memberi ijin lokasi. (BJ24)