Home Headline Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Woltermonginsidi Makin Parah

Tak Kunjung Diperbaiki, Jalan Woltermonginsidi Makin Parah

image
Jalan waltermonginsidi

Semarang, 7/4 (BeritaJateng.net) – Kerusakan Jalan Wolter Monginsidi yang belum di beton, saat ini makin parah. Jalan sepanjang sekitar 300 meter mulai dari SPBU Genuk menuju ke arah Pedurungan hancur dan penuh kubangan.

Sebagian Jalan Wolter Monginsidi mengalami kerusakan parah di antara Pasar Bangetayu  ke arah utara hingga SPBU. Lubang-lubang jalan tertutup genangan air dan membahayakan pengendara sepeda motor. Sehingga pengguna jalan harus ekstra hati-hati melintas di Jalan Woltermonginsidi tersebut.

Warga sekitar terlihat memanfaatkan kerusakan jalan untuk memandu pengendara yang melintas. Wanto (29) salah satu pemandu jalan menerangkan, dirinya memandu pengemudi untuk menghindari lubang, dan mereka lalu meminta imbalan ala kadarnya dari keikhlasan pengendara di Jalan Wolter Monginsidi.

“Di sini ada lubang cukup dalam dan bila pengendara tidak hati-hati bisa jatuh atau terjungkal,” katanya.

Waryo Suhendro (30), warga Genuk, mengatakan, jalan mulai depan SPBU Banjardowo ke arah Pedurungan rusak parah. Jika panas, jalan itu penuh debu dan membuat tidak nyaman pengendara serta warga sekitar. Namun beberapa hari terakhir jalan tersebut diguyur hujan menjadikan banyak kubangan.

“Pengendara harus berhati-hati ketika melewati jalan itu, terutama dari arah utara menuju selatan. Banyak juga pengendara roda dua yang baru pertama kali lewat jalan ini, terjatuh,” ujarnya.

Seksi Perancangan Teknik Dinas Binamarga Kota Semarang M Teqi Wijaya mengatakan, dalam waktu dekat akan ada pengerjaan pembangunan Jalan Wolter Monginsidi tahap II. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp10 miliar dengan proses beton K350. Ditargetkan akhir tahun 2015, prosespembangunannya selesai.

Pembangunan tahap kedua Jalan Wolter Monginsidi, kata dia, rencananya dimulai dari Banjardowo hingga pertigaan Bangetayu. Program ini untuk melanjutkan tahap pertama yang sudah dirampungkan pada tahun lalu. Teqi menjelaskan, peningkatan kualitas jalan dilakukan dengan metode betonisasi agar lebih kuat, mengingat Jalan Wolter Monginsidi, selama ini berada di kawasan yang kerap diterjang rob dan banjir.

“Rencananya pembangunan tahap kedua Jalan Wolter Monginsidi akan memakan waktu sekitar enam bulan dan dimulai pada Mei 2015. Spesifikasinya, panjang jalan yang akan dibeton sekitar 1.132 meter,” katanya. (Bj05)