Home Ekbis Tahun 2017 ini, PDAM Bakal Tambah Sambungan 10ribu Pelanggan Baru

Tahun 2017 ini, PDAM Bakal Tambah Sambungan 10ribu Pelanggan Baru

Instalasi Pengolahan Air (IPA) mobil yang dimiliki PDAM Tirta Moedal Kota Semarang

 

Semarang, 5/1 (BeritaJateng.net) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang menargetkan penambahan sambungan kepada sebanyak 10 ribu pelanggan baru pada 2017.

“Sebagai peningkatan pelayanan, akan ada penambahan sambungan kepada 10 ribu pelanggan baru,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Etty Laksmiwati di Semarang, Kamis.

Untuk mencukupi kebutuhan air dengan bertambahnya pelanggan sebanyak itu, kata dia, PDAM Kota Semarang telah menyiapkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jatisari Semarang.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017, lanjut dia, dianggarkan sekitar Rp30 miliar untuk pembangunan IPA Jatisari yang rencananya dimulai pertengahan tahun ini.

“Target kami, pembangunannya (IPA Jatisari, red.) bisa dijalankan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan. Cakupannya untuk masyarakat yang tinggal di Semarang Barat,” katanya.

Namun, kata dia, PDAM Kota Semarang juga mengoptimalkan IPA-IPA lainnya, seperti IPA Kudu untuk membantu meningkatkan pelayanan seiring pertambahan jumlah pelanggan tahun ini,” katanya.

Berdasarkan perhitungan, kapasitas produksi IPA Jatisari nantinya mampu mencapai 200 liter/detik yang bisa melayani masyarakat di Semarang Barat, khususnya yang berada di daerah bawah.

Selain itu, kata dia, PDAM Kota Semarang berencana pula mengembangkan pelayanan dengan pembangunan IPA Jatibarang yang memanfaatkan air dari Waduk Jatibarang, di Kecamatan Gunungpati.

“Untuk IPA Jatibarang, kami masih menunggu, sebab nanti ada ‘review’ desain juga. Kami inginnya dibangun secara bertahap dulu. Jadi, tidak langsung dibangun sekaligus,” katanya.

Yang jelas, kata dia, berbagai program yang bermuara terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat sudah disusun untuk 2017, termasuk perbaikan aliran yang selama ini kurang bagus.

“Ya, kaitannya juga dengan tingkat kehilangan air. Tiga tahun lalu, tingkat kehilangan air kan masih 50 persen, namun sekarang sudah jadi 39 persen. Ada penurunan yang signifikan,” katanya.

Jumlah pelanggan PDAM Kota Semarang sekarang ini sekitar 165 ribu pelanggan, kata Etty, sehingga ditargetkan pada tahun ini bisa bertambah lagi menjadi sebanyak 175 ribu pelanggan. (EL)