Home Headline Tagar #RealisasiAnggaranKemensos Viral Jadi Isu Terpopuler Pekan Ini

Tagar #RealisasiAnggaranKemensos Viral Jadi Isu Terpopuler Pekan Ini

217
Tagar #RealisasiAnggaranKemensos Viral

***Realisasi Anggaran Kemensos Capai 60,38 Persen, Warganet Puji Kinerja Kemensos

Jakarta, 2/7 (BeritaJateng.net) – Isu #RealisasiAnggaranKemensos sangat didominasi oleh sentimental positif. Sentimental ini berasal dari perbincangan yang berisi tentang realisasi penyerapan APBN 2020 Kementerian Sosial yang saat ini tercatat masih menjadi realisasi tertinggi dari seluruh anggaran Kementerian dan Lembaga berdasarkan pernyataan Mensos Juliari P Batubara dalam menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo pada sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni lalu.

Sidang Kabinet Paripurna membahas terkait penyerapan anggaran. Tercatat, per hari ini penyerapan atau realisasi anggaran di 2020 Kemensos mencapai 60,38 persen dari anggaran Rp. 104 triliun.

Bahkan, Sekjen Kemensos Hartono Laras menjelaskan bahwa realisasi Nasional ada pada 39,19 persen sehingga Kemensos jauh diatas realisasi nasional.

Warganet pun mengapresiasi capaian Kemensos tersebut. Sentimental positif lainnya berasal dari cuitan @YuliHartati yang mengatakan bahwa murkanya Presiden Jokowi saat sidang Paripurna dianggap Mensos Juliari P Batubara sebuah sentilan dalam bekerja. Sehingga saat ini penyerapan anggaran APBN 2020 Kemensos RI mencapai 60,38 persen.

“Mensos Juliari P Batubara mengatakan realisasi penyerapan APBN 2020 Kementerian Sosial saat ini tertinggi dari seluruh kemneterian dan lembaga. Per hari ini penyerapan atau realisasi anggaran di 2020 Kemensos 60,38 persen dari anggaran Rp. 104triliun. #RealisasiAnggaranKemensos,” tulis akun @andre di media sosial.

Selanjutnya, sentimental positif juga berasal dari cuitan akun @Yuana1968 yang memberikan informasi terkait pernyataan Mensos Juliari P. Batubara untuk terus mendorong agar jajarannya di Kemensos RI melakukan akselerasi, termasuk realisasi anggaran di semua unit kerja, khususnya untuk belanja negara Bantuan Sosial (Bansos) di masa pandemi Covid-19.

Tagar #RealisasiAnggaranKemensos menjadi tranding ketiga pada Rabu, 1 Juli 2020 lalu dan menjadi isu terpopuler selain dua isu lain, yakni HUT Bhayangkara ke -74 dan isu Polemik Wacana Pajak Sepeda.

Tak hanya itu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) juga turut mengapresiasi langkah Kemensos dalam pencairan PKH untuk antisipasi dampak Covid-19. (El)