Home News Update Surati KPU, Elemen Masyarakat Minta Penjelasan Hukum  Pencalonan Rohadi-Ida

Surati KPU, Elemen Masyarakat Minta Penjelasan Hukum  Pencalonan Rohadi-Ida

756
Kadi Sukarna Ketua INSED memberikan keterangan kepada media.
           KARANGANYAR, 22/1 (BeritaJateng.net) – Keabsahan pendaftaran pasangan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih, yang diusung PKS dan Partai Gerindra dipertanyakan oleh elemen masyarakat yang tergabung dalam Indonesian Network  For Social And Economic Development (INSED).
           Menurut Ketua INSED Kadi Sukarna sesuai aturan PKPU No 3 Tahun 2017, pasal 6 ayat 1 sampai 7 disebutkan jika partai politik atau gabungan partai politik yang sudah mendaftarkan bakal calon bupati dan wakil bupati ke KPU, tidak bisa lagi menarik dukungannya.
           “Namun pada perpanjangan masa daftar paslon bupati Karanganyar, Gerindra justru menarik dukungan dan mengalihkannya pada paslon Rohadi-Ida,” jelasnya kepada wartawan, Senin (22/1/2018).
           Sebab itu pihaknya mempertanyakan mekanisme pendaftaran Rohadi Widodo dan Ida Retno Wahyuningsih. Dimana sebelumnya Gerindra bersama delapan partai lainnya sepakat mengusung pasangan Juliyatmono – Rober Christanto.
           “Sesuai ketentuan berdasar PKPU Gerindra semestinya tidak dapat menarik dukungan apalagi membentuk koalisi baru dan mengusung calon lagi. Sehingga hal tersebut tidak memenuhi syarat,” ungkap Kadi Sukarna.
           Kadi Sukarna juga sampaikan, pihaknya masih menunggu penetapan dari KPU Karanganyar sebagai calon bupati dan wakil bupati Karanganyar. Namun sebelum ditetapkan pihaknya mengirimkan surat ke KPU Karanganyar pertanyakan penjelasan hukum administratif terkait pendaftaran paslon Rohadi Widodo dan Ida Retno Wahyuningsih.
           “Setelah ditetapkan, keputusan ada baru kita ajukan gugatan. Saat ini khan baru bakal calon,” lanjutnya.
           Sebelumnya, Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho sebut  pendaftaran Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih oleh PKS dan Partai Gerindra sudah sah. Meski sebelumnya Partai tercatat sebagai pendukung Juliyatmono-Rober Christanto
           Proses pendaftaran Rohadi-Ida, lanjut Sri Handoko sudah dilakukan sesuai prosedur.  Sebelum mengambil keputusan KPU Karanganyar sudah berkonsultasi dengan KPU Jawa Tengah dan KPU Pusat terkait permasalahan di Karanganyar.
           “Sudah ada pencabutan dan  surat tugas pengambilalihan dan penugasan dari DPP Partai Gerindra. Koalisi PKS-Gerindra ada 10 kursi di DPRD Karanganyar sehingga bsa  mendaftarkan calon bupati dan calon wakil bupati,” terangnya. (Db/El)