Home Headline Sungai BKT Meluap, Banjir Genangi Jalan, Sekolah Hingga Pemukiman

Sungai BKT Meluap, Banjir Genangi Jalan, Sekolah Hingga Pemukiman

Sungai BKT Meluap, Banjir Genangi Jalan Dan Pemukiman Sawahbesar dan Kaligawe

Semarang, 14/2 (BeritaJateng.net) – Hujan deras yang mengguyur kota Semarang menyebabkan Sungai Banjir Kanal Timur meluap dan menggenangi pemukiman, pasar waru serta sekolah. Sejumlah titik kawasan lumpuh karena banjir yang tinggi dan menyebabkan kemacetan disejumlah ruas jalan, Selasa (14/2) pagi.

Dari pantauan BeritaJateng.net, terlihat banjir menggenangi sejumlah jalan dan kawasan pemukiman.

Banjir paling parah terjadi di Sawah Besar dan Kaligawe. Dengan ketinggian 1 meter menggenangi pemukiman dan pasar Waru Semarang.

Di Sawah Besar, sejumlah sekolah seperti SD Tambak Dalem 1, SMP Negeri 4 Semarang serta SD, SMP dan SMA Muhammadiyah Sawah Besar Semarang juga tergenang banjir.

Meski banjir, para pelajar dan guru tetap berangkat dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Ani Puspita salah satu pelajar di SMP 4 Semarang tampak kewalahan berjalan di genangan air banjir di Jalan Utama Sawah Besar. Dengan Menjinjing tas dan sepatu ia bertekad tetap ke sekolah ditengah kepungan banjir.

“Ndak ada info kalau libur, jadi tetep sekolah,” ujar Ani.

Salah satu warga yang tinggal di Batursari IV Rt 03 Rw6, Kelurahan Sawahbesar, Agung Wahyu Diono sempat khawatir lantaran arus air luapan Banjir Kanal Timur (BKT) sangat deras.

Banjir di terowongan tol jalan Kaligawe.
Banjir di terowongan tol jalan Kaligawe.

“Tadi malam mulai jam 6 sore sudah meluap, airnya deras. Sekarang sudah surut. Makanya warga pada ngosek (membersihkan rumah,Red.) lumpur,” ujar Agung.

Menurutnya, semalam (Rabu) mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB dini hari debit air yang mencapai lebih dati setengah meter perlahan surut.

“Jam 3 dinihari mulai surut jadi warga sudah bersih-bersih rumah sejak subuh,” imbuhnya.

Dari pantauan, sejumlah jalan utama seperti Jalan Kaligawe hingga Terowongan Kaligawe masih banjir cukup dalam mencapai 50cm. Di jalan Citarum, banjir masih menggenang dan menyebabkan kemacetan. (El)

Advertisements