Home Lintas Jateng Sukoharjo Dideklarasikan Sebagai Kabupaten Jamu

Sukoharjo Dideklarasikan Sebagai Kabupaten Jamu

image

SUKOHARJO, 1/4 (Beritajateng.net) – Sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dikembangkan dan dijaga kelestariannya, Menteri Koordinator Bidang (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa mengkonsumsi jamu.

Dalam kunjungan kerja ke Sukoharjo Jawa Tengah, Puan juga mendeklarasikan Sukoharjo sebagai Kabupaten Jamu. Puan menghimbau pada gubernur dan bupati agar selalu  menyediakan minuman jamu di kantornya untuk ikut membudayakan tradisi nenek moyang. 

Sebelum melakukan deklarasi, Puan Maharani didampingi sejumlah menteri dan di sambut Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan juga ribuan pelajar di Sukoharjo melakukan minum jamu massal. Beragam jenis jamu disajikan antara lain cabe puyang, beras kencur, daun pepaya, kunir dan asem.

Dalam sambutannya, Puan menyatakan  sangat mendukung bila bahan alam membuat jamu yang merupakan tanaman asli Indonesia segera dipatenkan. Hal itu agar mendapat  perlindungan dari Pemerintah. “Pemerintah berkomitmen untuk bersama-sama membangkitkan minum jamu sebagai warisan budaya Indonesia. Saya minta kementrian terkait agar mematenkan produk jamu yang sudah memenuhi standar nasional dan internasional,” ungkap Puan saat  melakukan deklarasi di Alun-alun Sukoharjo, Rabu (1/4/2015).

Tujuannya jelas Puan agar bahan alami jamu khas Indonesia tidak akan diklaim sepihak oleh negara lain. Ia juga berkoordinasi dengan Menteri Koperasi UKM agar mempermudah  UKM-UKM yang memproduksi jamu untuk bisa  menjual produknya hingga keluar negeri.(BJ24)