Home Ekbis Stasiun Gas Bumi Offtake Kalisogo PGN, Semakin Luas Digunakan Masyarakat

Stasiun Gas Bumi Offtake Kalisogo PGN, Semakin Luas Digunakan Masyarakat

Sidoarjo, 23/10 (BeritaJateng.net) – Stasiun gas OffTake Kalisogo PT. PGN semakin luas digunakan oleh rumah tangga, pelaku usaha hingga industri di Jawa Timur.

Sucipto Manager area Pasuruhan Kalisogo PT. PGN menyampaikan bahwa hingga saat ini sudah melayani dan mempersiapkan pelanggan baru, mulai rumah tangga, usaha, dan industri mencapai total sekitar 15000 lebih pelanggan.

“Hingga data terakhir pada bulan Oktober ini penggunaan gas bumi melalui stasiun offtake Kalisogo PGN, sudah mencapai 17983 di seluruh Jawa Timur meliputi rumah tangga, usaha dan industri,” ungkapnya.

Sementara itu, Rifky Bagus Pradipta PIC Offtake Station yang berada di Jalan Tambak Kalisogo, Desa Kalisogo, Kec. Jabon Kabupaten Sidoharjo menambahkan bahwa stasiun ooftake Kalisogo mampu menampung maksimal sekitar 100MMSCFD, namun sesuai kebutuhan permintaan hanya dibutuhkan sekitar 25-30MMSCFD untuk mensuplai ke rumah tangga hingga Industri.

“Pasokan gas bumi ini kita ambil melalui Santos sebagai pemasuk kemudian kita alirkan melalui pipa sebesar 28inch yang dikelola oleh Pertagas sebagai trasnporternya,” tuturnya.

Rifky Bagus Pradipta juga mengatakan bahwa penggnaan gas bumi PGN ini sangat banyak peminatnya di Jatim, dan mnurut data hingga bulan Oktober ini sudah ada penambahan sekitar 200 pelanggan yang ingin menggunakan gas bumi PGN tersebut. Tidak hanya rumah tangga saja namun industri perusahaan pun sudah beralih menggunakan gas bumi ini.

“Penggunaan gas bumi PGN ini sangat diminati, sebab penggunaanya jauh lebih murah dan lebih efisien. Saya dirumah menggunakan setiap bulannya hanya menghabiskan sekitar 7-10 meter kubik perbulannya, dan hanya membayar sekitar 30 ribu saja,” terangnya.

Masyarakat Jawa Timur terutama Rumah tangga dapat menikmati gas bumi PGN ini hanya dengan mengeluarkan biaya awal sekitar 2 jutaan tergantung instalasi dan lokasi.

Pengoprasian kurang lebih setahun, setahun offtake Kalisogo PGN sudah dapat memenuhi kebutuhan di area Jawa Timur, dan hingga saat ini PT. PGN terus melakukan sosialisasi untuk mendukung Go Green City yang merupakan program pemerintah menggunakan gas bumi yang ramah lingkungan.(BJ06)

Advertisements