Home Headline Spesialis Pembobol Rumah Dibekuk

Spesialis Pembobol Rumah Dibekuk

Polisi memeriksa Riyadi pelaku kejahatan spesialis pembobol rumah.

Cilacap, 14//7 (BeritaJateng.net) – Riyadi Novianto, laki-laki 35 tahun warga Desa Maos Lor, Kecamatan Maos Cilacap harus mengakhiri petualangan kejahatannya setelah Unit Reserse Kriminal Polsek Maos berhasil membekuknya. Pelaku selama ini memang menjadi buron kepolisian setempat karena beberapa kali aksi kejahatannya membobol rumah warga.

Namun rupanya, selama ini ia cukup licin, sehingga selalu lolos dari kejaran polisi. Ibu Kota menjadi tempatnya bersembunyi setelah beraksi membobol rumah warga dan mendapatkan sejumlah barang berharga. Kasus terakhir ketika ia kepergok mencuri di rumah Karmi Tamireja (56) warga Desa Maos Kidul Rt 05 Rw 04 Kecamatan Maos Cilacap.

“Aksi kejahatannya ini kepergok pada Juli 2013 lalu, dan kemarin baru terungkap” kata Kapolsek Maos AKP Kiswoyo, Kamis (14/7).

Dikatakan, di rumah Karmi, pelaku menggondol sebuah televisi LCD merk Samsung ukuran 32 inchi seharga Rp 2.975.000. Hasil olah TKP dan keterangan dari sejumlah saksi, diketahui Riyadi Novianto adalah pelaku yang sempat terlihat oleh warga keluar dari rumah korban dengan membawa televisi LCD menggunakan sepeda motor. Namun, setelah dilakukan pengejaran pelaku berhasil kabur ke Jakarta.

Beberapa hari menjelang lebaran, polisi mengendus keberadaan Riyadi di kampung halaannya. Sehingga tanpa kesulitan, ia langsung dibekuk dan digelandang ke Mapolsek Maos untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Pelaku merupakan spesialis pencurian rumah dan teridentifikasi sering melakukan pencurian di beberapa rumah warga di wilayah Maos” tutur Kapolsek.

Katanya, sebelum kabur ke Jakarta pelaku sempat kembali melakukan pencurian dibeberapa tempat di wilayah Maos dan berhasil membawa TV, tabung gas serta tujuh buah handphone. Pelaku dapat dilacak dari salah satu HP yang dicuri namun saat akan ditangkap pelaku berhasil kabur. (BJ33)