Home Headline SPBU Terbakar, Satu Orang Terluka, Dua Sepeda Motor Hangus

SPBU Terbakar, Satu Orang Terluka, Dua Sepeda Motor Hangus

Salah satu pompa di SPBU Sirandu Pemalang terbakar

Pemalang, 12/7 (BeritaJateng.net) – Satu buah mesin dispenser pengisian bahan bakar premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 4452306 Jalan Gatot Subroto Sirandu, Pemalang, Selasa (12/7) siang sekitar pukul 11.30 terbakar.

Kobaran api sempat membesar dan membuat warga yang tengah antri mengisi BBM menjadi panik. Akibat kebakaran itu, satu orang mengalami luka bakar dan dua buah sepeda motor hangus.

Percikan api disebabkan sebuah kendaraan minibus Avanza putih berjalan padahal proses pengisian belum selesai. Akibatnya selang tertarik dan menyebabkan mesin dispenser roboh dan terbakar.

Beruntung salah satu operator SPBU bernama Rudi dengan sigap bergegas melakukan pemadaman dengan alat pemadam api ringan (APAR), sehingga api yang sempat membesar berhasil dipadamkan.

Namun tak urung seorang petugas SPBU bernama Ningrum terkena jilatan api dan harus dilarikan ke rumah sakit Dr M Ashari Pemalang, sementara 2 sepeda motor yang tengah antri mengisi bensin juga terkena si jago merah.

“Saat itu orang lari semua sehingga saya cari alat pemadam kebakaran terdekat karena api membesar setinggi kurang lebih dua meter, untuk petugas yang perempuan lari ke arah Utara menyelamatkan diri, api berhasil dipadamkan tetapi bensin masih mengalir dari selang sehingga dilakukan pemadam dari kontrol pusat,” kata Rudi.

Tak lama setelah kejadian sebuah mobil pemadam kebakaran langsung disiagakan di lokasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Sementara beberapa petugas dari Polres dan Polsek Pemalang termasuk TNI mengamankan lokasi dengan membentangkan garis polisi untuk melakukan identifikasi.

Sedangkan puluhan masyarakat langsung berkerumun di depan SPBU untuk melihat sehingga sempat membuat arus lalu lintas terhambat sebelum ditertibkan petugas.

Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda melalui Kapolsek Pemalang AKP Tarhim, saat melakukan pengamanan menjelaskan kejadian berawal saat sebuah mobil Avanza berwarna putih datang ke SPBU untuk membeli bensin premium sebanyak 10 Liter.

Operator kemudian melakukan pengisian dengan memasang selang di kendaraan, sedangkan operator perempuan yang bernama Ningrum memberikan uang pengembalian pada pengemudi mobil.

Diduga saat mesin pengisian belum mati pengemudi sudah menjalankan kendaraan sehingga selang tertarik dan menyebabkan mesin dispenser roboh dan menimbulkan percikan api dan menyambar operator.

“Pengemudi melarikan mobil ke arah Selatan, akan tetapi kejadian terekam dalam kamera CCTV yang terpasang di SPBU, hingga saat ini petugas Kepolisian masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pengemudi mobil,” katanya. (BJ33)