Home Headline SPBU Milik Wakil Wali Kota Surakarta Terbakar

SPBU Milik Wakil Wali Kota Surakarta Terbakar

image
SPBU yang terbakar. (BJ/HD)

Solo, 3/12 (Beritajateng.net) – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo di Jalan Bhayangkara, Tipes Solo, Rabu, terbakar diduga akibat kelalaian konsumen saat mengisi bahan bakar di stasiun tersebut.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, ketika ada sebuah mobil Toyota Avanza warna hitam yang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU tersebut, kata saksi mata Hartoyo ditempat kejadian peristiwa tersebut.

Seperti biasanya, petugas langsung melayani dengan membuka tutup tangki kendaraan mobil tersebut dan mengisikan bahan bakar sesuai yang diminta. Ketika itu menurut pemilik kendaraan tidak turun dan hanya memberikan uang sebesar Rp50.000 kepada petugas.

Belum sampai selesai mengisikan bahan bakar sesuai yang diminta, sang pemilik langsung menjalankan kendaraanya saat nozle dispenser masih tertancap di mulut tangki kendaraan. Akibat tarikan kendaraan yang cukup kencang, dispenser itu langsung roboh menimbulkan percikan api.

Pihaknya mengatakan api itu kemudian membesar dan membuat para petugas dan para konsumen yang ada di SPBU panik. Akan tetapi dengan sigap para petugas SPBU langsung menjinakkan api dengan alat pemadam kebalaran portabel yang tersedia di SPBU. Api tersebut akhirnya bisa dipadamkan setelah para petugas dibantu pihak BPBD berjuang keras memadamkan api, hingga tidak menyebabkan ledakan di dalam tabung SPBU.

“Konsumen yang membawa Toyota Avansa itu langsung lari, saat ini tutup tangki mobil itu masih tertinggal di sini,” kata beberapa saksi mata tersebut.

Kapolsekta Laweyan Komisaris Polisi (Kompol) Edi Wibowo, mengatakan kebakaran itu terjadi lantaran keteledoran. Menurutnya dalam kasus ini pihak petugas dan konsumen sama-sama teledor dan kurang berhati-hati.

Pihaknya mengaku sampai saat ini masih melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan dari para saksi yang ada di lokasi. Menurutnya kerugian sementara akibat kejadian tersebut mencapai sekitar Rp300 juta rupiah, atau seharga dengan dispenser yang ikut rusak terbakar.

Wakil Wali Kota Achmad Purnomo mengatakan kebakaran yang terjadi di SPBU miliknya itu bisa cepat ditangani dan tidak menjalar kemana-mana .”Itu berdasarkan laporan yang saya terima jadi saya juga gak kelokasi karena sudah bisa dipadamkan dan tidak ada korban jiwa”.(ant/pj)