Home Lintas Jateng Soropadan Agro Expo Digelar Awal Juni

Soropadan Agro Expo Digelar Awal Juni

image

JAKARTA, 28/4 (Beritajateng.net) – Event Soropadan Agro Expo (SAE) menjadi sarana positif untuk menciptakan peluang pengembangan dan mencarikan akses pasar komoditas agro di Jawa Tengah yang potensinya sangat luar biasa. Kegiatan yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali sejak tahun 2003 tersebut, diharapkan bisa membawa produk agro di Jawa Tengah ke dunia internasional.

“Mudah-mudahan nanti bisa ditampilkan produk unggulan kita, kualitas yang kita miliki, dan bagaimana cara kita berjualan. Kalau itu bisa kita sampaikan kepada mereka, tentu akan sangat menggembirakan. Mudah-mudahan banyak tamu-tamu tidak hanya dari mancanegara, tapi juga local buyer bisa datang untuk mempromosikan, membeli, dan saling berdagang. Sehingga produk Jateng bisa menasional dan mendunia,” Kata Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP pada acara Pra Soropadan Agro Expo (SAE) VII dan Festival Jamu Tahun 2015 di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (25/4) malam.

Pada acara yang dihadiri duta besar Negara sahabat tersebut Ganjar menyampaikan, banyak potensi pertanian dan hortikultura Jawa Tengah yang sudah merambah pasar global. Negara tujuan ekspor antara lain Singapura, Malaysia, China, Hongkong, dan Abu Dhabi. Ke depan, Ganjar mendorong agar ekspor produk agro Jawa Tengah tidak hanya ke negara-negara di Asia saja, tetapi bisa sampai Eropa dan Amerika.

“Sekarang sedang kita kembangkan beberapa teknologi untuk pengiriman, sehingga komoditas ini tetap fresh. Dan tentu kita akan kirim ke banyak negara yang lebih membutuhkan produk ini.” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar mengajak para Duta Besar Negara sahabat untuk datang ke event Soropadan Agro Expo (SAE) tahun 2015. Mereka tidak hanya diajak untuk menikmati agribisnisnya saja, tetapi juga wisata, fashion, herbal, dan kulinernya.

“Saya yakin bapak/ibu akan menikmati suatu surga yang ada di Jawa Tengah,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono KS MP selaku Ketua Penyelenggara Soropadan Agro Expo (SAE) 7 tahun 2015 mengatakan SAE 7 dirancang sebagai ajang untuk mempromosikan potensi agrobisnis serta mempertemukan pihak-pihak produsen, pembeli, kalangan investor dari dalam dan luar negeri. Potensi agrobisnis Jateng sangat prospektif untuk dikembangkan sebagai penggerak pembangunan, kontributor pemasukan devisa, sekaligus untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Menyadari peran penting agribisnis ini, maka potensi agro di Jawa Tengah akan terus dikembangkan melalui penggalangan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di bidang produksi, pemasaran, investasi dan teknologi,” terangnya.

Soropadan Agro Expo (SAE) 7 tahun 2015 rencananya diselenggarakan 5 – 9 Juni 2015 di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Agro Center Soropadan Pringsurat Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah. Tema yang diangkat kali ini “Peningkatan Kualitas Produk Pertanian dalam Rangka Memperkokoh Kedaulatan Pangan.”(jatengprov)