Home Lintas Jateng Solo Pasang Lampion Binatang Sambut Imlek

Solo Pasang Lampion Binatang Sambut Imlek

imlek

Solo, 12/2 (BeritaJateng.net) – Jelang Tahun Baru Imlek 2556 yang jatuh pada 19 Februari 2015 mendatang, warga Solo mulai memasang pernak-pernik khas Imlek yang pasang di beberapa sudut di sekitar pasar Gede yang terletak di depan Balai Kota Solo. 

Seperti tahun sebelumnya, di sekitar Pasar Gede Solo ratusan lampion di pasang di sepanjang jembatan kali Pepe yang di depannya juga terpasang gapura dengan ornaman khas Thionghua. 

Demikian juga di sepanjang jalan Jendral Sudirman sedang dilakukan pemasangan boneka berbentuk hewan yang melambangkan shio dan berjumlah 12 buah yang didatangkan langsung China. Boneka lampion tersebut berbentuk kuda, anjing, macan, kelinci, naga, ular, monyet dan sebagainya. 

Septiana, salah satu panitia perayaan imlek menyebutkan tema imlek tahun ini adalah untuk  menyuarakan kebersamaan dalam kedamaian, yaitu Manunggaling Budhaya Nguri Uri Luhuring Bangsa.

Memadukan dua kultur budaya Jawa dan Thionghua yang selama ratusan tahun sudah hidup berdampingan dengan damai, tanpa ada konflik dan penuh toleransi. 

“Contohnya etnis China dan Jawa di Solo hidup berdampingan dan membaur untuk menyemarakan Tahun Baru Imlek,” katanya.

Septiana juga menjelaskan alasan pemilihan lokasi  di Sudiropradjan karena sebagian besar wilayah tersebut dihuni warga keturunan yang sudah membaur dengan masyarakat Jawa.

“Puncak perayaan Imlek  dipusatkan di Pasar Gede, Solo, dengan menggabungkan kesenian Jama dan Thionghua dalam acara Grebeg,” pungkasnya.

Sebelumnya sebelum acara perayaan Imlek tiba Klenteng Tridharma Solo sudah melakukan upacara Pao Oen atau ruwatan tolak balak. Demikian juga dengan Klenteng yang terletak di Pasar Gede Solo juga mengadakan upacara Zao Jun atau sembahyang untuk Dewa Dapur.  (BJ24)